PENGGUNAAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Ruciana Soleha STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R. STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

unsur, 5W 1H, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang berkenaan dengan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 10 Bandar Lampung yang masih kurang memahami unsur teks berita  selama berlangsung pembelajaran dan hanya terpaku pada cara menulis  unsur teks berita tanpa mengerti isi yang seharusnya terkandung dalam teks. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan pada siswa. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menentukan unsur 5W+1H pada teks berita dengan menggunakan metode directed reading thinking activity pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024, Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian Tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Teknik pokok, dokumentasi dan obsevasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan menentukan unsur 5W+1H pada teks berita dengan menggunakan metode directed reading thinking activity pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari, siklus I dan siklus II. Pada Siklus 1 nilai rata-rata diperoleh 53% dengan kategori cukup, mengalami peningkatan kembali pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 80% dengan kategori baik.

References

Akhmad Hp dan Abdullah, Alek (2012) Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.

Alek dan Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Amri, Y.K. 2015. Bahasa Indonesia: Pemahaman Dasar-dasar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Atap Buku.

Arifin. 2011. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Skema. Jurnal Eksis. Vol 7.2.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul (2011) Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Depok: RajaGrafindo Persada.

Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cerminan Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24 (2) http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/167/211

Ghazali, A.S (2010). Pemebelajaran keterampilan berbahasa dengan pendekatan komunikatif-interaktif. Bandung: Refika Adimata.

Mauliddyana, Eva Septi. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Aktivity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Dongeng pada Siswa Kelas V SD Putra Jaya Depok Tahun Pelajaran 2013/2014. Online. [Diakses 03/01/2017].

Somadayo, Sumsu. 2011. Strategi dan Teknik Pengajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugihastuti, 2012. Rona Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trisna, Eddy dkk. 2014. Pengaruh Strategi DRTA Terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Indonesia. Pelajaran Bahasa Jurnal: Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014)

Tolibin, I'anatut 2014. Pengaruh Penggunaan Stroirgi Directed Readin Thinking Aktivity (DRTA) terhadap Kemampuan Membaca Pemaham pada Siswa Kelas V MIS Sidorejo Tahun Ajaran 2013/2014. Onlin http://eprints.uny.ac.id/skripsi. [Diakses 3/01/2017

Trianton, T. (2016). Jurnalistik Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Soleha, R. ., Maryova R., F. ., & Rohana. (2024). PENGGUNAAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 179–188. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/1029