NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

Authors

  • Tiara Febrianti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Nilai Pendidikan, Novel Orang-orang Biasa, Sosiologi Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata melalui pendekatan sosiologi sastra.  Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan nilai ketuhanan (2 mendeskripsikan nilai moral (3) bagaimana hubungan sosial-budaya kemasyarakatan dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata (Tinjauan Sosiologi Sastra). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata dan kutipan pada novel. Sumber data yang dipakai yaitu novel yang berjudul Orang-orang Biasa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik baca, dan teknik catat dan dimasukkan pada data penelitian. Teknik analisis data menggunakan perbandingan, kategorisasi, dan inferensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan data 1) nilai ketuhanan yang terdapat dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata yaitu ada dua. Data 2) nilai moral yang terdapat dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata yaitu ada delapan. Data 3) hubungan sosial-budaya kemasyarakatan dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata (Tinjauan Sosiologi Sastra). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kajian sastra, khususnya dalam memahami bagaimana nilai-nilai pendidikan dapat diintegrasikan dalam karya sastra, serta bagaimana sosiologi sastra dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam analisis karya sastra.

References

Damono, Sapardi Djoko. (2002). Pedoman Penelitian Sosiologi Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa.

Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Singkat. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Endraswara, Suwardi. (2004). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama .

Hirata, Andrea. 2019. Orang-Orang Biasa. Yogyakarta: Bentang Pustaka https://harustahu.info/novel/sinopsis-dan-review-novel-orangorang-biasa-Karya-andrea-hirata

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Siswanto, Wahyudi. 2013. Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sumarjo, J. Dan Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Surastina. 2021. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca

Wiyatmi. 2013. Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Febrianti, T. ., Surastina, & Wicaksono, A. (2024). NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 199–212. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/1031