ANALISIS KESULITAN MEMBACA (DISLEKSIA) YANG DIALAMI OLEH ANAK USIA 12 TAHUN DENGAN GANGGUAN WICARA: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Authors

  • Nur Aqilah Ardani STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Disleksia, Morfologi, Kajian Psikolinguistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah gangguan membaca (disleksia) yang dialami oleh salah satu anak yang bernama Naufal Affandy S. yang duduk dibangku kelas 5 Sekolah Dasar (SD). Pendekatan Psikolinguistik dalam penelitian ini membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan disleksia mulai dari pengertian disleksia, ciri-ciri disleksia, jenis-jenis disleksia dan solusi untuk menanggulangi anak yang mengidap disleksia serta menggunakan teori morfologi untuk menganalisis tuturan dari subjek penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara, dan pemberian rangkaian tes membaca dan menulis yang dilakukan oleh subjek penelitian. Hasil penelitian ditemukan bahwa subjek penelitian banyak menambahkan, mengurangkan dan mengganti fonem dari kata dasar dan kata bentukan yang diberikan oleh peneliti dalam setiap tuturannya. Fenomena lain yang ditemukan peneliti adalah kesulitan yang dihadapi subjek penelitian pada saat membaca rangkaian kata yang terdapat pada fabel serta kesulitan subjek penelitian untuk memahami makna cerita yang telah dibacanya. Hal yang sama terjadi pada saat subjek penelitian diberikan tes tambahan berupa menulis kata dasar dan kata bentukan yang diucapkan oleh peneliti, namun subjek penelitian tidak dapat menulis huruf demi huruf dengan sempurna sesuai kata yang diucapkan oleh peneliti. Disleksia memang tidak dapat disembuhkan, namun keadaannya akan membaik apabila orang disekitarnya dapat memberikan dorongan dan motivasi serta kesabaran dalam membantunya untuk terus belajar.

References

Amalia, I. (2016). Kesulitan Membaca Kata Pada Anak Disleksia Usia 7-12 Tahun di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya: Kajian Psikolinguistik. Surabaya: Universitas Airlangga.

Chaer, A. (2015). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fahreza, F. C. D. (2019). Analisis Bahasa Tulisan Pada Anak Dengan Gangguan Disleksia (Pendekatan Psikolinguistik). Jurnal Ilmiah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 12, No. 2.

Hanifa, Nisrina, Ahmad Mulyadiprana, dan Resa Respati (2020). Mengenal Anak Disleksia dan Pengidap Disleksia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 7, No. 2.

Munawaroh, Madinatul dan Novi Trisna Anggrayni. “Mengenali Tanda-Tanda Disleksia Pada Anak Usia Dini”. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia.

Saadah, Varia Nihayatus dan Nurul Hidayah. (2013). “Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia”.Jurnal Fakultas Psikologi, Vol. 1, No 1, Juli.

Surastina (2020). Pengantar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Elmatera Publish.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tammase, Jumraini (2017). Mengatasi Kesulitan Belajar Disleksia (Studi Neuropsikolinguistik). Jurnal Fakultas Ilmu Budaya, Vol.1, No.1.

Wahyuningsih, S (2013). Metode Penelitian Studi Kasus. Madura: UTM Press.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Ardani, N. A. ., Surastina, & Wicaksono, A. (2024). ANALISIS KESULITAN MEMBACA (DISLEKSIA) YANG DIALAMI OLEH ANAK USIA 12 TAHUN DENGAN GANGGUAN WICARA: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 223–232. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/1033