ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PAPAN IKLAN DI KABUPATEN PRINGSEWU
Keywords:
Kesalahan Berbahasa, Papan IklanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk berbahasa pada papan iklan di Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal-hal lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah papan iklan yang ada di Kabupaten Pringsewu. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi Data. Penelitian ini menggunakan pengamatan berulang pada papan iklan yang ada di Kabupaten Pringsewu. Hasil penelitian pada penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kesalahan berbahasa pada papan iklan di Kabupaten Pringsewu masih ditemukan kesalahan penggunaan dalam bidang morfologi pada proses afiksasi dan kesalahan penggunaan ejaan dalam penulisan papan iklan. Kesalahan pada penggunaan morfologi tersebut yakni kesalahan pada prefiks yang berjumlah 8 data, sufiks berjumlah 4 data, dan konfiks berjumlah 2 data. Sedangkan pada infiks tidak di temukan kesalahan. Untuk kesalahan pada tanda baca banyak ditemukan kesalahan pada tanda koma berjumlah 7 data, tanda seru berjumlah 3 data, tanda hubung berjumlah 1 data dan huruf kapital berjumlah 1 data. Kesalahan terbanyak pada morfologi afiksasi yaitu pada bagian prefiks. Sedangkan pada kesalahan ejaan tanda baca yang paling banyak data terdapat pada penggunaan tanda koma.
References
Aida azizah, M. E. (2019). Kesalahan penulisan istilah asing pada papan iklan atau reklame di Kota Semarang. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal 2 (2), 260-273.
Abdul Chaer. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Zainal, E dan Tasai, Amran, S, 2008, Cermat Berbahasa Indonesia, Jakarta: Akademika Pressindo.
Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum Cetakan Keempat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Damayanti, E. (2019). Kesalahan Penggunaan Bahasa Pada Iklan Komersial Media Luar Ruang Di Kabupaten Kediri. Jubindo : Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 4 (2), 85-102.
Erliana, A. M. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Kain Rentang Dan Papan Iklan Di Kota Kisaran. Umsu.
Ida Ramadhani Siregar, R. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya 3 (2).
Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia
Setyawati, Nanik. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia, Teori dan Praktik.Cetakan Kedelapan. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunendar, D. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa .
Tambun, R. P. (N.D.). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Penulisan Iklan Usaha Pada Media Cetak Berdasarkan Ejaan Bahasa Indonesia (Ebi) Di Medan Timur.
Tarigan. 1988. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Rineka Cipta : Jakarta
Widyatama, Rendra. 2011. Teknik Menulis Naskah Iklan. Yogyakarta: Cakrawala.
Gantamitreka dan Shokha (2016). Kesalahan Berbahasa Penggunaan EYD. Solo: Genta Smart Publisher.