PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS BERITA MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMESTER GENAP SMK NURUL ISLAM LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Kurnia Wulandari STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R. STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan Menganalisis, Berita, Media Audio Visual

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menganalisis berita dan Kurangnya partisipasi siswa dalam bertanya pada guru maupun temanya ketika mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk kajian tentang upaya peningkatan kemampuan analisis teks berita pada siswa kelas XI SMK Nurul Islam Jati Agung lampung selatan setelah menggunakan metode media audio visual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi, obsevasi dan praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap kemampuan mengaanalisis berita menggunakan audio visual pada siswa kelas XI SMK Nurul Islam Jati Agung lampung selatan. Hal ini dapat dilihat dari, siklus I dan siklus II. Pada siklus 1 nilai rata-rata diperoleh 59% dengan kategori cukup, mengalami peningkatan kembali pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77% dengan kategori baik.

References

Aryani, D. (2016). Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VII A SMP Tamansiswa Telukbetung Bandarlampung Tahun Pembelajaran 2015/2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Harmawati, 2016. “Kemampuan Menganalisis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Baebunta Kabupaten Luwu Utara”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol. 2, No. 2.

Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 3(2): 304-313.

Jumadi. (2021). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XIMIPA 1 SMAN 1 Gemolong.” Jurnal Pendidikan. 30, (2). 341- 352.

Lubis. I. S. & Rosmaini. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Berita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas VIII di Mts Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal.Unimed. 8 (1-15). Doi: https://doi.org/10.24114/bss.v8i1.12935

Nursolikin, M. W., Rosyida, F., & Asror, A. G. (2022, July). Peningkatan Kemampuan Analisis Unsur-Unsur Teks Berita Menggunakan Metode Pembelajaran Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Berbantuan Media Pembelajaran Audiovisual pada Siswa Kelas VIII MTS An-Nur Kedungtuban Tahun Pelajaran 2021/2022. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 745-763).

Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca sastra dengan ancangan literasi kritis. Jakarta: Bumi Aksara. Fitria, A. (2018). Peggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57-62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Rahmi, Lucyna, dan Alfurqan. (2021). “Pengaruh Penggunaan Medi Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Education and Development. 9, (3), 580- 589.

Ridwan, M.H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita dengan Media Audio Visual Siswa SMP Plus Darussalam Blok Agung Banyuwangi. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam. 9(1): 32-49.

Rizkiansyah, Rio Nugraha. 2013. Peningkatan Keterampilan Menganalisis Teks Berita Menggunakan Model Investigasi Kelompok Berbasis Konservasi Karakter dan Budaya Pada Siswa Kelas VIII 5 SMP Teuku Umar Semarang. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universita Negeri Semarang.

Sopian, A., & Rindiantika, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menyimak Unsur-Unsur Berita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMPN 7 Tenggarong. Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 35-48.

Sugiyono, 2013, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Sumasari, Y. J. (2014). Analisis Unsur-Unsur Berita: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1). DOI: Https://Online-Journal.Unja.Ac.Id/Pena/Article/View/2336

Surastina, 2021. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Wardani, Dea Nita. 2019. Identifikasi Unsur 5W+1H Berita Pilpres 2019 pada Komparasi Berita Nasional dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa SMK Muhammadiyah Delanggu. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Wendra, I Wayan. 2019. Penulisan Karya Ilmiah;Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi dan Artikel. Singaraja: Undiksha.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Wulandari, K. ., Anggraini, T. R., & Maryova R., F. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS BERITA MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMESTER GENAP SMK NURUL ISLAM LAMPUNG SELATAN. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 247–256. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/1037