PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Kemampuan Menulis Cerpen, Media Gambar BerseriAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) peserta didik kurang minat dalam mengembangkan tulisan sehingga terlihat asal-asalan, 2) peserta didik kesulitan mengembangkan unsur-unsur cerpen, seperti alur, setting, penokohan, dan latar; dan 3) kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan oleh guru yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis cerpen terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Kartika II- 2 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah eksperimen, Metode penelitian ini mengharuskan penulis melakukan praktik mengajar secara langsung untuk mendapatkan data tentang perbandingan mengenai pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis cerpen (kelas eksperimen) dan tanpa menggunakan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis cerpen (kelas kontrol) pada siswa kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis menggunakan uji Z. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai Zhit = 77,76 dengan melihat kriteria uji 5% diperoleh Zdaf = 1,96 sehingga Zhit > Zdaf jadi Ho ditolak, berarti Ha diterima atau terdapat pengaruh yang didapatkan dalam pembelajaran menggunakan media gambar berseri sebagai sarana dalam pembelajaran sehingga dapat di ketahui dan dibuktikan melalui hasil rata-rata yang didapatkan oleh siswa.
References
Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Pt Refika Aditama
Anggraini, Tri Riya Anggraini. (2017. Menulis Dan Mencatat Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Jurnal Bindo Sastra Vol 1 (1, (2017):52–5.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. (2013). media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, hlm.3.
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan Bandung:Alfabeta.
Jauhari, H. (2013) . Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendikia
Kokasih. (2006). Ketatabahasaan dan kesusastraan. Bandung: Gajah Mada University Press.
M. Atar Semi. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Nurgiyantoro, Burhan.(2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajdah Mada University Press. (online)https://www.gramedia.com/literasi/unsur-ekstrinsik-noveldan-cerpen/
Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca sastra dengan ancangan literasi kritis. Jakarta: Bumi Aksara. Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.
Rahmi, Lucyna, dan Alfurqan. (2021). “Pengaruh Penggunaan Medi Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Education and Development. 9, (3), 580- 589.
Sanjaya, Wina (2015). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudjana, (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito
Sugiarto, Eko. 2013. Cara Mudah Menulis Pantun Puisi Cerpen. Yogyakarta: Khitah Publishing
Sumasari, Y. J. (2014). Analisis Unsur-Unsur Interinsik Dalam Hikayat Cerita Taifah. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1). DOI: Https://Online-Journal.Unja.Ac.Id/Pena/Article/View/2336
Suparno. 2008. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Surastina, 2021. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera
Wicaksono, Andri 2014. Menulis Kreatif Sastra Dan Beberapa Model Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.