ANALISIS TEKNIK PENULISAN COPYWRITING PADA IKLAN GOJEK BILLBOARD CURHATAN PENDEK DAN VIDEO IKLAN CERDIKIAWAN

Authors

  • Viona Amalia STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Teknik Penulisan copywriting, Iklan Gojek Billboard, Video Iklan Cerdikiawan

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelian ini berkaitan dengan teknik penulisan copywriting, tujuan dan peran penulisan copywriting, unsur-unsur penting copywriting, elemen penting dalam penulisan copywriting, Metode penulisan copywriting dan macam-macam gaya copywriting dalam iklan gojek yang berjudul Cerdikiawan dan baliho yang berjudul Curhatan Pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan iklan gojek, teknik, tujuan, peran, unsur-unsur, elemen, dan macam-macam gaya yang digunakan dalam penulisan iklan gojek berjudul Cerdikiawan dan baliho yang berjudul Curhatan Pendek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah media sosial Youtube, pada channel Youtube Gojek Indonesia. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Teknik Penulisan Copywriting pada Iklan Gojek Billboard Curhatan Pendek dan Video Iklan Cerdikiawan, telah diteliti berdasarkan sumber yang membahas tentang teknik penulisan copywriting.

References

Agustrijanto. 2001. Copywriting: Seni Mengasah Kreatifitas dan Memahami Bahasa Iklan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ariyadi, Widya. (2017). 101 Amazing Copywriting Ideas. Yogyakarta: Quadrant.

https://nasional.okezone.com/read/2019/12/14/337/2141981/dpr-ingin-milenial- berkarya-out-of-the-box-anies-contohkan-greta-thunberg diakses tanggal 19 April 2023

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/23/12010087/cerita-awal-mula mendikbud-nadiemmakarim-mendirikan-gojek diakses pada 19 April 2023 pukul 21.00 WIB

https://www.researchgate.net/publication/343797331_Strategi_Pemasaran_Iklan_ GoJek_Versi_Cendikiawan_Untuk_Meningkatkan_Pengguna_Aplikasi_Gojek Diakses tanggal 19 April 2023

Ismail, I. (2021). Copywriting Adalah: Pengertian dan Cara Membuat Copywriting yang Efektif. Accurate.Id. https://accurate.id/marketing-manajemen/copywriting-adalah/

Ipnu R. Nurgoho (2023). Buku Sakti Copywriting: Metode Sukses dan Praktis Menulis Copy untuk Meningkatkan Sales dan Branding. Yogyakarta, Indonesia: Anak Hebat Indonesia

Lane, W. Ronald, dkk. 2011. Kleppner’s Advertising Procedure. New Jersey: Pearson.

Moleong, Lexy J.. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya.

Mona, Nailul dan Pramulia, Revva Rivald Fernanda (2023) “Peran Copywriter dalam Membangun Brand Awareness Sarimi Puass di Instagram,” Jurnal Sosial Humaniora Terapan : Vol. 5: Iss. 1, Article 7.

Moriarty, S., dkk. 2009. Advertising. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rachmayanti, Y. (2021). Pentingnya Copywriting dalam Internet Marketing. El

Samara.https://elsamara.id/pentingnya-copywriter-dalam-internet-marketing/

Sari, D. K., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing.UMSIDA PRESS

Sheriff, N. M., Zulkifli, A. S., & Othman, W. N. S. W. (2019). Accentuating Customer Engagement, Visual Presentation and Copywriting for Effective

Social Media Marketing: A Case Study. International Journal of Academic

Research in Business and Social Sciences, 1619–1628.

Shimp,Terence (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I (edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Spaulding, Amy E. (2011). The Art of Storytelling: Telling Truths Through Telling Stories. United Kingdom: THE SCARECROW PRESS.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.

Sutopo H.B.. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Umam. (2021). Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Perkembangannya.Gramedia.https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Amalia, V. ., Hastuti, & Maryova R, F. . (2024). ANALISIS TEKNIK PENULISAN COPYWRITING PADA IKLAN GOJEK BILLBOARD CURHATAN PENDEK DAN VIDEO IKLAN CERDIKIAWAN. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 303–312. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/1044