PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI MELALUI METODE AKROSTIK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMK NEGRI 5 BANDAR LAMPUNG

Authors

  • M. Antar Kusuma STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

poetry writing skills, acrostic method, audiovisual media

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang ber kenaan dengan siswa kelas XI semester genap di SMK NEGERI 5 Bandar Lampung yang kurang minat dan kurang memahami pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian ini untuk memberi peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa. Untuk memberi peningkatan keterampilan menulis puisi digunakan metode akrostik dengan media audiovisual pada siswa kelas XI SMKN 5 Bandar Lampung, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik pokok, dekomentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan menulis puisi melaui metode akrostik dengan media audiovisual pada siswa kelas XI semester genap di SMKN 5 Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran siswa tahap pra siklus hingga siklus II. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil tugas siswa menulis puisi tanpa diberikan metode akrostik dengan media audiovisual yaitu 57% dengan katagori kurang. Pada pembelajaran menulis puisi siklus I yang sudah diberikan metode akrostik dengan media audiovisual nilai rata-rata yang diproleh 60% dengan katagori cukup. Mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II termasuk katagori baik dengan nilai rata-rata 76%.

References

Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Menulis dalam Gamitan Pendidikan Karakter. Edu Humaniora, 4 (1)

Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).

AH Sanaky Hujair, Media Pembelajaran Interaktif Inovatif, Jogjakarta: Dipantara, 2015.

Ambarwati. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Pati: Al Qalam Media Lestari. Cet.1

Andayani (2014). Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arif S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2020). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Vol. 2). Jakarta: Gaung Persada Press.

Basroh, A. (2019). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 42 MERANGIN TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Ekopendia, 4(1), 140-155.

Burhan Nurgiyantoro.1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Press

Burhan, Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Cahyanti, Endah Dwi, Sri Awan Asri, and Maria Ulfa. "Upaya Meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui teknik akrostik berbantuan media audiovisual." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III. 2021.

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. PT RAJAGRAFINDO PERSADA: Jakarta.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8 (2). 67-74.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman Pupuh, M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: PT Refika Aditama, 2010

Hamsa, Sukirman, dkk. (2019). Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik.

Iskandarwassid (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja.

Kamilah, S. (2016). Puisi Siswa Kelas VIII A MTS Al-Khairiyah Tegallinggah: Sebuah Analisi Struktur Fisik dan Batin Puisi. Jurnal JPBSI Universitas Pendidikan Ganesha. 4(2).2-3.

Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menulis Karangan Eksposisi.

Masruchin, Ulin Nuha. 2017. Buku Pintar Majas, Pantun, dan Puisi. Yogyakarta: Huta Media.

Melasarianti, L., Krisnawati, V., & Martha, N. U. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantara. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 55-64

Puspita. (2018). Keefektifan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Tahun Pelajaran 2017/2018. Bapala, 5 (1).

Putri, Eka Maharani. 2019. Puisi Akrostik: Cara Mudah Membuat Puisi. From https://books.google.co.id/books?id=Hv8dEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=p embelajaran+menulis+puisi&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&redir_esc= y#v=onepage&q=pembelajaran%20menulis%20puisi&f=false

Ramayanti, U.A., & Nainggolan, M.F. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Ctl) Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Mutiara Pendidikan. Vol. 3. No. 2

Rohika, Desak P., dkk. (2014). Pengaruh Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik Terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V SD Di Gugus 6 Kecamatan Gianyar. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4(1), 1-11.

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok di SMP. DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 111-127.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Saadah, S. L. PENERAPAN METODE ACROSTIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS ANEKDOT KE DALAM TEKS PUISI SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 2 JEMBER.

Sanjaya, Wina. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran

Sudarwati ( 2018). Penggunaan Teknik Akrostik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas X IA-1 SMAN 2 Makassar. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9909

Surastina. (2021). Pengantar Teori Sastra. Bandar Lampung: Elmatera

Syafitri, R., & Zulfikarni, Z.n(2020). Kontribusi Keterampilan Menyimak Pantun terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(5), 336.

Toyidin. (2013). Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: Pustaka Bintang.

Wahyuni & Ibrahim. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Malang: PT. Refika Aditama.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visual, Audio Visual, Komputer, Power Point, Internet, Interactive Video. Kata Pena.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Bandar Lampung: Garudhawaca.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Bandar Lampung: Garudhawaca.

Wicaksono, A. (2019). Apresiasi Puisi Indonesia. Bandar Lampung: CV Anugrah Utama Raharja.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Kusuma, M. A., Hastuti, & Rohana. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI MELALUI METODE AKROSTIK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMK NEGRI 5 BANDAR LAMPUNG. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 323–336. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/1047