PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X SMK SATU NUSA 1 BANDAR LAMPUNG
Keywords:
writing ability, short story, audio visual mediaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan menggabungkan suatu tindakan sesungguhnya dengan langkah-langkah penelitian di kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini tes dan nontes. Tes digunakan peneliti untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen, sedangkan bentuk nontes dalam penelitian ini berupa lembar observasi keaktifan siswa di kelas. Penelitian dilakukan di kelas X SMK Satu Nusa 1 Bandar Lampung dengan jumlah subyek penelitian 21 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 7 perempuan. Metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa.
References
Aini, N. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Media Komunikasi Sehari-Hari.
Alifa, N., & Setyaningsih, N. H. (2020). Pengaruh Kemampuan Menyimak dan Membaca Cerpen Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 98-103.
Ariati, N. N. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Sugesti-Imajinasi Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Menulis Cerpen Siswa. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).
Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Barus, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek. Journal of Education Action Research, 2(2), 142.
Febrina, L. (2017). Pengaruh minat baca cerpen terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu, 11(74).
Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Noveni, fitri anisa. Upaya meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek dengan menggunakan media catatan harian: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X 6 SMA Negeri 11 bandung tahun ajaran 2009/2010. Diss. Universitas pendidikan Indonesia, 2010.
Nuryatin, A., & Irawati, R. P. (2016). Pembelajaran menulis cerpen.
Pamuji, S. S., & Inung Setyami, S. S. (2021). Kemampuan Berbahasa. Guepedia.
Rohman, S. (2020). Pembelajaran cerpen. Bumi Aksara.
Rohmawati, N., Mohammad, F., & Haryadi, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Audio Visual Interaktif Untuk Meningkatkan Pembelajaran Teks Cerpen.
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan pengkajian sastra: Perkenalan awal terhadap ilmu sastra. Graha Ilmu.
Sari, R. (2019). Bahasa indonesia sebagai media komunikasi.
Setiarini, Y. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan menganalisis unsur instrinsik pada cerpen melalui mediaaudiovisual. Didaktikum, 16(4).
Syarwah, R. A., Fauziddin, M., & Hidayat, A. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan tambusai, 3(3), 936-945.
Widyaningrum, A., & Hartarini, Y. M. (2023). Pengantar Ilmu Sastra. Penerbit NEM.
Yulianti, Y., Kasman, N., & Yusmah, Y. (2021). Penggunaan Metode Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Cakrawala Indonesia, 6(1), 1-7.