PENGARUH PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK PERSADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Catur Juliyana Ratmantika STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nani Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Pengaruh Penerapan Discovery Learning, Teks Eksplanasi

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini mengenai pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan siswa pada kelas XI dalam menulis teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi, mengetahui apakah nilai rata-rata kelas yang di ajar discovery learning lebih tinggi daripada nilai rata-rata yang di ajar menggunakan metode ceramah, dan mengetahui hasil menulis teks eksplanasi pada siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK PERSADA dengan memperoleh sampel 15 orang siswa yang dipilih yaitu kelas XI AKL dan XI TKJ. Data hasil penelitian ini diperoleh dalam proses pengumpulan data berupa teknik penugasan berdasarkan tema yang sudah ditentukan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik, hal ini dikarenakan data yang diperoleh adalah data kuantitatif atau data yang berupa angka-angka dari hasil pemberian tugas.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat ada pengaruh penerapan discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Apabila ditinjau dari skor hasil siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada skor kelas kontrol. Dengan menggunakan discovery learning pada kelas eksperimen skor rata-rata sebesar 69, sedangkan menggunakan metode ceramah pada kelas kontrol skor rata-rata 61. Dari hasil uji hipotesis diperoleh ????ℎ????????????????????> ???????????????????????? pada taraf signifikansi 1% atau 0,01 yakni 3,004 > 2,95 dan pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 yakni 3,004 > 2,13 , maka nilai rata-rata siswa yang menggunakan discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada kelas eksperimen signifikan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi.

References

Ana, N. Y. (2018). “Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar”. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).

Anshari. (2015). Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublis.

Arief Hakim. (2005). Kiat Menulis Artikel di Media dari Pemula Samapi Akhir. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Arifin, Zaenal & Amran Tasai. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressendo.

Asdar, Andi Anugrah M, Jihad Talib. 2019. E-Learning Quipper School dalam Pembelajaran Berbasis Teks. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Astuti, Minarni Try. 2019. Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan. Bandung: Penerbit Duta.

Dalman. (2015). Penulisan Populer. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

_________. (2012). Keterlampilan Menulis. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmawati. (2018). Prosa Fiksi Pengetahuan dan Apresiasi. Klaten: PT Intan Pariwara.

Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda”. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-114.

Hardiyana, R. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Membaca Vol. 3 No. 1

Mahmud. (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik Rcg (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas Vi SdnRengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018 H. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 32. Vol. 1 No. 2

Marliana, Lia & Suhertuti. (2018). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Padi. (2013). Kumpulan Super Lengkap Sastra Indonesia. Jakarta: Ilmu Padi Infra Pustaka Makmur.

Setiyaningsih, Ika. 2019. Mengenal Jenis-Jenis Teks. Yogyakarta: Intan Pariwara.

Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Wahjudi, E. (2015). ”Penerapan discovery learning dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget”. Jurnal Lensa, 5(1), 1-15.

Wicaksono, Andri (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawacana.

Yanti, Citra. (2015). Religiositas Islam Dalam Novel Ratu Yang Bersujud Karya Amrizal Mochamad Mahdavi. Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3.

Yuliana, Ika Putri. (2018). Resensi, Kritik Sastra, dan Esai Sastra. Surakarta: PT Aksarra Sinergi Media.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Juliyana Ratmantika, C. ., Sudarmaji, S., & Angraini, N. (2021). PENGARUH PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK PERSADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–12. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/107