KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERDASARKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Menulis, Deskripsi, Media GambarAbstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis teks deskripsi berdasarkan media gambar. Penggunaan media gambar diharapkan dapat memudahkan siswa dalam menuangkan ide-ide saat menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemilihan judul, kesesuaian isi dengan gambar, penggunaan ejaan dan tata tulis, diketepatan pilihan kata pada teks deskripsi siswa yang telah ditulis berdasarkan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, yaitu dengan cara mengungkapkan data secara apa adanya, data diuraikan dan dijabarkan secara detail. Berdasarkan data yang diperoleh. Sumber data pada penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes unjuk kerja. Berdasakan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks deksripsi berdasarkan media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022 sudah cukup baik. Isi teks deskpripsi yang ditulis oleh siswa sudah tepat dengan gambar yang disajikan. Hanya saja penulisan ejaan dan pilihan kata masih kurang baik. Masih terdapat beberapa kesalahan pada siswa dalam penulisan ejaan dan pilihan kata pada teks deskripsi disebabkan oleh kurangnya ketelitian saat menulis, seperti kesalahan penggunaan tanda baca, sedangkan kesalahan pemilihan kata disebabkan oleh siswa karena kurangnya pengetahuan mengenai kegunaan dari masing-masing kata.
References
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Fauzan, M.R. (2017). “Analisis Penggunaan Afiks Bahasa Indonesia Dalam Status Blackberry Messenger Mahasiswa Kelas C Angkatan 2012 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia”. Jurnal Bahasa dan Sastra. 2,(2), 61-76.
Keraf, G. (2018). Eksposisi dan Deskripsi. Ende: Nusa Indah.
Latifah, Chori. (2019). “Penggunaan Diksi dalam Karangan Berita Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 4, (1), 113-120.
Matisa, Anna. (2016). “Hubungan Pengetahuantentang Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5, (2), 59-64.
Muliawati, H., Nurzaman, B., Oktaviani, N. (2018). “Meningkat Keterampilan Menulis Teks Deskripsi”. Indonesian Language Education and Literature”. 3, (2), 157-170.
Rusli, M., Hermawan, D., Supuwiningsih, N.N. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Yogyakarta: Andi.
Safari. (2002). Pengujian dan Penilaoan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2018). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Situmorang, N.N.Y. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Question”. Journal of Education Action Research. 2, (2), 165-171.
Suryani, N., Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Zainurrahman. (2018). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.