KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 26 PESAWARAN
Keywords:
Kemampuan Menulis, Menulis Cerpen, Media Audio-VisualAbstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu kemampuan dalam menulis cerpen menggunakan media audio-visual pada siswa kelas IX SMP Negeri 26 Pesawaran tahun ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan indikator yang telah ditentukan yaitu (1) tema atau isi, (2) latar, (3) tokoh dan sudut pandang, (4) alur atau jalan cerita, dan (5) amanat dan pemajasan, serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis cerpen menggunakan media audio-visual. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX semester genap SMP Negeri 26 Pesawaran tahun pelajaran 2020/2021 dan berjumlah 25 siswa. Teknik pokok yang digunakan yaitu teknik pemberian tugas, yaitu menugaskan siswa untuk membuat cerpen menggunakan media audio-visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas IX mendapatkan nilai rata-rata 67,68 yang termasuk ke dalam kategori baik.
References
Ahmad, K, Ginting. S.U.Br., dan Sidiqin, M.A. (2020). “Hubungan Penguasaan Unsur Intrinsik Cerpen dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia. 17, (1), 7-19.
Alfiawati, Riska. (2020). “Pengajaran Sastra dan Pembinaan Karakter Siswa.” Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 2, (1), 81-92.
Anggraini, Nani. (2020).“ Kemampuan Menentukan Unsur Instrinsik Cerpen “Merdeka” Karya Putu Wijaya pada Siswa Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung.” Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 2, (1), 63-68.
Dalman. (2015). Penulisan Populer. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hastuti. (2020). “Kemampuan Menulis Cerpen dengan Merperhatikan Unsur Intrinsik pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK PGRI 2 Bandar Lampung”. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 13, (1), 43- 52.
Jumadi. (2021). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XIMIPA 1 SMAN 1 Gemolong.” Jurnal Pendidikan. 30, (2). 341- 352.
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Rahmi, Lucyna, dan Alfurqan. (2021). “Pengaruh Penggunaan Medi Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Education and Development. 9, (3), 580-589.
Rohman, Saifur. (2020). Pembelajaran Cerpen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Simanungkalit, M. (2020). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsi Cerpen dengan Menggunakan Peta Konsep Siswa XI SMA Swasta HKBP Butar Tahun Pelajaran 2020/2021”. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran. 1, (3), 209- 2016.
Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.
________. (2020). “Hubungan Penguasaan Diksi dan Tanda Baca dengan Kemampuan Menulis Persuasi Siswa Kelas VIII SMPN 10 BandarLampung. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra. 2, (2), 173-184.
Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.