KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
menulis narasi, beritaAbstract
Narasi merupakan sebuah tulisan yang berisikan kronologis atau peristiwa kejadian yang berupa fakta atau rekaan. Sebuah tulisan ringan namun sulit untuk dilakukan oleh penulis khususnya Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Diketahui minat menulis yang rendah, banyak terjadi kegagalan dalam menulis dipengaruhi oleh tingkat malas. Kemalasan yang disebabkan kurang variatifnya media yang digunakan oleg guru. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimanakah kemampuan dan kendala dalam menulis narasi dengan berita pada siswa kelas VII semester ganjil SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021.Metode yang digunakan adalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut. Hasil kemampuan menulis narasi dengan berita masih dengan katagori cukup dengan skor rata-rata 70. Dengan rincian data dari 31 siswa, 2 siswa dalam kategori kemampuan baik sekali, 14 siswa dalam kategori baik, 9 siswa dalam kategori kemampuan cukup, dan 6 siswa dalam kategori kemampuan kurang. Sedangkan, Adapun faktor kendala dalam menulis narasi dengan berita yaitu kendala terbesar terdapat pada indikator ejaan, lalu ketepatan kalimat, kesesuaian isi, diksi dan ditutup dengan kendala yang minim pada aspek kesesuaian isi dengan berita.
References
Alwasilah, Chaedar A dan Alwasilah S.S. (2013). Pokoknya menulis cara baru! menulis dengan metode kolaborasi. Bandung: Kiblat.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Keraf, Gorys. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Tarigan, H.G. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.