KEEFEKTIVAN KALIMAT DALAM TEKS PIDATO PERSUASIF PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 11 TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Keefektivan Kalimat, Teks Pidato PersuasifAbstract
Permasalahan dalam skripsi ini berkenaan dengan keefektivan kalimat dalam teks pidato persuasif pada siswa kelas IX SMP Negeri 11 Tulang Bawang Barat tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendreskripsikan kendala-kendala dalam menulis teks pidato persuasif yang ditulis oleh siswa kelas IX SMP Negeri Tulang Bawang Barat 2021/2022.
Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXA SMP Negeri Tulang Bawang Barat 2021/2022 yang berjumlah 27 orang dalam kelas IXA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penugasan menulis teks pidato persuasif. Analisis menggunakan kualitatif.
Berdasarkan kemampuan siswa dalam menulis teks pidato dengan memperhatikan keefektivan penulisan kalimat masuk dalam kategori kemampuan cukup, maka kemampuan siswa menunjukan dalam kategori baik dari sekian banyak siswa di dalam kelas yang diberikan tugas menulis teks pidato persuasif. Hal ini disebabkan beberapa siswa yang mengerjakan tugas menulis teks pidato persuasif, unsur yang dikemukakan cukup lengkap dari lengkap dari pendahuluan, mulai dari salam pembuka, salam penghormatan dan salam penutup. Pada bagian isi juga sudah dikemukakan. Akan tetapi ada beberapa kalimat yang kurang efektif yang terdapat pada teks pidato siswa dan terdapat penulisan kata, huruf kapital dan tanda baca yang kurang tepat benar.
References
Adinda Rohadati Aisy, Hafidzah Nur Adzani. (2019). Pengembangan Kemampuan Menuis Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Primagama. Volume8(2), 2019, 141-148.
Budi Asturi Sri.(2015). Ketidak Efektifan Kalmiat Dalam Jurnal Ilmiah Linguistik Indonesia Edisi Tahun 2013.Wahana Volume 65, Nomor 2, 1 Desember 2015.
Budiyanti. (2015). Peningkatkan Keterampilan Berpidato Melalui TeknikATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Krtu Acak Pada Peserta Didik Kelas IXd SMP Negeri 2 Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015.JPK 1 (1) (2015): 17-25.
Cantantia Clara Domina, Surastina, Maryova Friska. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kuasai Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII SMP Xaverius 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021.
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindoPersada.
Dalman. Menulis Karya Ilmiah, Jakarta,2015. Raja grafindo persada.
Devianty Rina.(2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan.Jurnal Tarbiyah 24 (2).
Fitriyani.D. (2015).Penguasaan Kalimat Efektifan Dan Penguasaan Diksi Dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Pada Siswa SMP. Jurnal Pesora. Volume 1 No. 2, Januari 2015 Hlm.129-139.
Hadijah.(2016). Penerapan Metode Pemodelan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato Siswa Kelas VI SDN Inpres 1 Ujun Kecamatan Palu Barat.e-Jurnal Bahasantodea, Volume 4 Nomer 2, April 2016 hlm 1-9.
Hadinegoro, Lugman. (2011). Teknik Seni Berpidato Mutakhir.Yogyakarta
Henry Guntur Tarigan menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. 2008. Bandung. Angkasa Badung.
Listika Mega, Susetyo, dan Nafri Yanti. (2019). Penggunaan Kalimat Efektif Pada Artikelopen Journal System (OJS) Korpus.Jurnal Ilmiah Korpus, Volume 3, Nomor 2, Agustus 2019.
Lubis.M.S. (2018).Struktur Penulisan Teks Pidato Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan: Kajian Retorika. Vol.4 No.2 Edisi April 2018.
Manan.A. (2020).Uapaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Dalam Menyiapkan Pidato Persuasif Melalui Teknik Modeling Di Kelas IXA SMP Negeri 2 Waigete.E-ISSN 2686 5661 VOL 02 NO 03 Oktober 2020.
M. Atar semi, Dasar Keterampilan Menulis. Bandung. 2007. Mugantara Bandung.
Mukoyimah.(2017). Dakwah Soekarno Melalui Pidato.Vol. 37, No.2, Juli- Desember 2017 ISSN 1693-8054.
Monika.Moni. Mai Yuliastri Simarmata. Mesterianti Hartati (2020). Peningkatan Keterampiln Berbicara Dalam Pidato Persuasif Dengan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas IX A SMP NEGERI 1 Sekadu Hulu. Vol.1. No.1.2020.
Nugroho, A. (2018). Analisis Teks Pidato Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau. Disertasi. Lubuklinggau: STKIP PGRI Lubuklinggau.
Gorys Keraf. (1993) Komposisi.Nusa Indah.
Ramadhanti.D. (2015). Penggunaan kalimat Efektif Dalam Karya Ilmiah Siswa: Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Lembah Gumanti. V1.i2 (167-173).
Rohmanto, DWI. (2016). Bina Bahasa Indonesia Teori, Praktik, danAnalisis. Bandar Lampung: Aura Publishing.
Sabila.A. (2015).Kemampuan Berpidato Dengan Metode Ekstemporer. Jurnal Pesona Vaolume 1 No. 1, Januari 2015 Hlm.28-41.
Sari Beta Puspa.(2015). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia.Bengkulu.
Simaranta, Janner. (2019). Kita Menulis.Aceh.
Sugiono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyanti. Pengantar Dasar Keterampilan Berbicara. 2011. Yuma Pustaka. Kadipiro Surakarta.
Syamsi Kastam. (1999). Peningkatan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menulis. Jurnal Kependidikan, Nomor 2 Tahun XXIX, 1999.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.
Trimanto.(2020). Peranan Kalimat Efektif Dalam Komunikasi. Bangun Rekaprima Vol,06/2/Oktober 2020.
Parto.(2013). Kalimat Efektif Dan Pengajaranya Di SMP/MTS Pda Era Global.PS PBSI FKIP Universitas Jember.
Prasetiyanto Aris, M. (2011). Peningkatan Keterampilan Berpidato Persuasi Pada Siswa Kelas XI PM2 SMK 1 Depok, Sleman, Yogyakarta Melalui Metode, Twenty Questions. Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.