PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTS AL - UTRUJIYYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
menulis puisi, contextual teaching dan learning, metode pembelajaran, kreativitas, kegiatan intelektualAbstract
Menulis puisi merupakan salah satu bentuk menulis kreatif. Menulis puisi adalah suatu kegiatan intelektual, yakni kegiatan yang menuntut seseorang harus benar-benar cerdas, menguasai Bahasa, luas wawasannya, dan peka perasaannya. Pembelajaran menulis puisi terdapat kesulitan untuk siswa memahami dan mempelajarinya karena metode pembelajaran yang kurang tepat. Sehingga peneliti melakukan penelitian dengan judul peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas VIII MTs Al-Utrujiyyah pelajaran 2021/2022 dengan tujuan mengingkatkan kemampuan menulis puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data yang didapatkan dari lembar pengamatan siswa, instrument tes siswa dan dokumentasi yang diambil dari peneliti. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan terdapat peningkatan dalam kemampuang menulis puisi dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning.
References
Dalman, H. (2012). “Keterampilan Menulis”. Jakarta: Rajawali Pers. PT RajagrafindoPersada.
Fauziya, Diena San. (2016). “Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-duta Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi. Jurnal Riksa Bahasa. 2. (2), 159-167..
Hasibuan, Idrus. (2014). “Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning)”. Logaritmal. 2, (1). 1-12.
Hidayah, Nurul. (2016). “Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Yogyakarta: PenerbitGarudgawaca.
Komalasari, Kokom. (2017). “PembelajaranKontektualKonsep dan Aplikasi”. Bandung: RefikaAditama.
Latate, Barasandji, dan Muhsin. (2014). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bengku Barat Kabupaten Morowali. 2. (4). 199-213.
Mawarni,Fitriyana, Missriani ,dan Dessy Wardiah. (2021). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Melalui Media Flashcard Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Sembawa”. Jurnal Pendidikan Tambusa. 5,(1), 1996-2004.
Mundziroh, Andayani, dan Saddhono. (2013). “ Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Pada Siswa Sekolah Dasar. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Inonesia dan Pengajarannya. 2. (1). 1-10.
Oktarina, Merry, Karomani, dan Siti Samhati. (2015). “Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl)”. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). 1-12.
Rusman. (2012). “Model-model PembelajaranMengembangkanProfesionalisme”. Jakarta: Rajawali Pers. PT RajagrafindoPersada.
Situmorang, Yehonala, N. M. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions”. Journal of Education Action Research. 2, (2), 165-171.
Slamet, St, Y. (2019). “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di KelasRendah dan Kelas Tinggi Sekolah Dasar”. Jawa Tengah: Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press).
Sugandi, Rahmat. (2017). “Pembelajaran Sastra Indonesia”. Surabaya: Lentera Pustaka.
Sugiono. (2017). “MetodePenelitian Pendidikan”. Bandung: Alfabeta CV.
Sulkifli dan Mawarti. (2016). “Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara”. Jurnal Bastra. 1,(1).
Surastina. (2020). “PengantarTeori Sastra”. Yogyakarta: PenerbitElmantera (Anggota IKAPI).
Tarigan, Henry, Guntur. (2008). “ Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa”. Bandung: Percetakan Angkasa.
Prayitno, Hendri Wahyu. (2013). : Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Inkuiri dan Latihan Terbimbing”. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 2. (1). 1-10.
Wicaksono, Andri. (2019). “ApresiasiPuisi Indonesia”. Bandar Lampung: CV AnugrahUtanaRaharjaAnggota IKAPI