KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS VII SMP IT NURUL FALAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Rohmatun Rohmatun STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Menulis, Teks Prosedur Kompleks

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP IT Nurul Falah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Aspek penilaian menulis teks prosedur kompleks meliputi aspek pertama kesesuaian judul dengan isi, aspek kedua proses pembuatan produk, aspek ketiga penggunaan struktur teks prosedur kompleks, dan aspek keempat penggunaan ejaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII semester genap SMP IT Nurul Falah Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022 dalam menulis teks prosedur kompleks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kelas VII SMP IT Nurul Falah Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas VII SMP IT Nurul Falah Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022 berdasarkan indikator aspek keberhasilan siswa. Pada aspek kesesuaian judul dengan isi rata-rata siswa mendapatkan kategori penilaian dengan kemampuan sangat mampu. Pada aspek proses pembuatan produk kemampuan siswa rata-rata mendapatkan kriteria penilaian mampu. Pada aspek struktur teks prosedur kompleks siswa penilaian rata-rata siswa menunjukkan hasil dengan kategori sangat mampu.

References

Dalman. (2015). Penulisan Populer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Djatmika dan Pambudi, Didik Hari. (2018). Menulis Teks Prosedur Dalam Bahasa Inggris. Bandung: Pakar Raya.

Fathonah, S. dan Achmad, D.R. (2019). Dasar-dasar Menulis Paragraf Deskripsi. Yogyakarta: Deepublish.

Gulo, Melvianus dan Tamba, Losten. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Silent Demonstration Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Budi Murni 3 Medan. Universitas Katolik Santo. jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia,FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Juni 2019. ISSN 15421-71667.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, E dan Kurniawan, Endang. (2019). 22 Jenis-jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusino. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Chain Writing Di Smp. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol. 5 No.1, April 2021 – Oktober 2021. ISSN: 2621-0533.

Samin. (2015). Teks Prosedur Kompleks: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, dan Contoh. Tersedia. [Online]. Diakses dari:http://artikelmateri.blogspot.co.id/2015/11/teks-prosedur-kompleks-pengertian-tujuan-ciri-struktur-contoh.html

Semi, Atar M. (2021). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanto. (2010). Ensiklopedia Bahasa Indonesia. Semarang: ANEKAILMU.

Sutarsih, Astutik, Widia, dan Hermanto. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Bagi Siswa Kelas Vii Dengan Menggunakan Powtoon. Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1, Desember 2019.

Suwandi, dkk. (2021). Kompetensi Menulis Cerita Pendek Siswa Man 1 Karanganyar Bertema Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Proses. Universitas Sebelas Maret. METALINGUA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 6 No. 2 Oktober 2021, ISSN 2528-4371.

Ttik, Harsiati. (2020). Asesmen Personal dan Asesmen On-line di Masa Pandemi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Syukur, Abd. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Wicaksono, A., Fahrurrozi. (2010). Sekilas Tentang Bahasa Iindonesia Catatan Mengenai Kebijakan Bahasa, Kaidah Ejaan, Pembelajaran Sastra, Penerjemahan, dan BIPA. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yusuf, Yusri., Ibrahim, Ridwan., dan Iskandar, Deni. (2017). Keterampilan Menulis: Pengantar Pencapaian Kemampuan Epistemik. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Rohmatun, R., Sudarmaji, S., & Maryova R, F. . (2022). KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS VII SMP IT NURUL FALAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–10. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/250