KEMAMPUAN MENULIS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Kemampuan Menulis, Menulis Berita, Teknik TerbimbingAbstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini antara lain, pembelajaran cenderung menggunakan strategi pembelajaran ceramah, Tanya jawab, mencatatan, dan menyalin teori dibuku pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui siswa kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung dalam menulis berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penggunaan metode ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis berita menggunakan teknik terbimbing. Hasilnya menunjukan dari 30 siswa yang diberi tes menulis berita telah masuk dalam katagori cukup, karena berada pada rentang antara 56 –75.
References
Dimyati, Mudjono. 2013. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: LP3ES.
Djuroto, Toto. 2003. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Markaban. 2006. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Penemuan
Terbimbing. Yogyakarta: PPPG.
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Yogyakarta:
sinar baru algensindo.
Poereadarminta. 2003. Kamus Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan
Nasional: Jakarta.
Rosidi. Imron. 2009. Menulis siapa takut?. Anggota IKAPI: Yogyakarta.
Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alpabetha
Siadari. 2001. Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: UGM Yogyakarta.
Soehoet, Haoeta 2003. Dasar-dasar Jurnalistik. Yayasan Kampus Tercinta-IISIP: Jakarta.
Suhandang. Kustadi. 2004. Pengantar Jurnalistik. Bandung : Nuansa.
Sumadiria. Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosis Rekatama Media.
Suryabrata. Sumadi 2007. Metodologi penelitian. Deepublish : Yogyakarta.
Tarigan, Henry Guntu. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiyatmi. (2006). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta. Penerbit Pustaka.