PEMAKAIAN KALIMAT EFEKTIF PADA TAJUK RENCANA HARIAN UMUM LAMPUNG POST EDISI JANUARI 2022
Keywords:
Kalimat Efektif, Tajuk RencanaAbstract
Kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan menimbulkan gagasan atau pikiran pada pendengar/pembaca. Dengan kata lain kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili pikiran penulis atau pembicara secara tepat sehingga pendengar/ pembaca dapat memahami pikiran tersebut dengan mudah, jelas, lengkap seperti maksud penulis/pembicaranya. Tajuk Rencana dalam surat kabar Lampung Post seharusnya menggunakan kalimat efktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai keefektifan kalimat dalam tajuk rencana harian Lampung Post edisi Januari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kalimat efektif pada tajuk rencana surat kabar harian Lampung Post Edisi Januari 2022 sebanyak 109 Kalimat efektif. Terdiri dari 45 ciri kesepadanan, 25 ciri kepararelan, 11 ciri ketegasan, 11 ciri kehematan, 6 ciri kepaduan, 6 ciri kecermatan dan 5 ciri kelogisan. Kalimat efektif yang dominan digunakan adalah ciri kesepadanan. Penggunaan kalimat efektif pada Surat Kabar Harian Lampung Post, dapat dijadikan bahan pembelajaran di sekolah. Peserta didik dapat mempelajari ciri kalimat efektif dengan cara mengidentifikasi pendapat yang ditulis temannya serta memperbaiki kalimat yang tidak efektif sesuai dengan prinsip yang diberikan gurunya.Implikasinya, maka peserta didik akan mudah menulis pendapat dengan mempertimbangkan (kejelasan subjek dan predikat, kejelasan kalimat, dan penggunaan kata yang sesuai), serta peserta didik mampu menulis berita atau artikel menggunakan kalimat efektif sehingga dapat diterima oleh pembaca.
References
Akhadiah, Sabarti dkk. 1988.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwi, Hasan. 2000.Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka
__________. 2001.Kalimat.Jakarta: Pusat Bahasa.
Amirin, Tatang M. 1995.Menyusun Rencana Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: Balai Pustaka.
Anwar, H. Rosihan. 1991.Bahasa Jurnalistik dan Komposisi.Jakarta:Pradnya Paramita.
Arifin, E. Zainal. 1987.Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.Jakarta: Antarkota.
Arifin, E. Zainal dan Arman Tasai. 2000.Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Cetakan IV.Jakarta: Akademika Pressindo.
Badudu, J.S. 1998.Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta: Gramedia. Chaer, Abdul. 1998.Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Fuad, Muhammad, dkk. 2005. Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
__________. 1997.Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Nusa Indah.
Komarudddin, Erien. 2007.Bahasa Indonesia.Bogor: Yudhistira.
Mendiknas. 2007.Ejaan yang Disenpurnakan.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mustakim. 1992.Membina Kemampuan Berbahasa Panduan Ke Arah Kemahiran Berbahasa.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mustofa, Ali. 2000.Keterampilan Menulis, Pengembangan Materi KPB 266 Keterampilan Menulis I.Lampung: Unila.
Parera, Jos Daniel. 1991.Belajar Mengemukakan Pendapat.Jakarta: Erlangga. Putrayasa. 2007.Kalimat Efektif.Bandung: PT Refika Aditama.
Razak, Abdul. 1992.Kalimat Efektif, Struktur, Gaya, Variasi.Jakarta: Gramedia. Rusminto, Nurlaksana Eko dkk. 1995.Pembinaan Bahasa Nasional.Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sanusi, A. Effendi. 2000.Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
_______________. 2002.“Kalimat Efektif” Makalah Penyusunan Bahasa Indonesia.Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sukandarrumidi. 2004.Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Suyanto, Edi. 2011.Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar.Yogyakarta: Ardana Media.
Tarigan, H.G. 1993.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara.
Universitas Lampung. 2007.Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung.Bandar Lampung: Universitas Lampung