KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Menulis, Teks Narasi, Media VisualAbstract
Masalah dalam penelitian adalah Siswa sulit mengungkapkan ide atau pemikirannya kedalam bentuk tulisan, Kurangnya kegemaran siswa dalam membaca sehingga menimbulkan lemahnya kemampuan menulis menulis teks, Siswa mengalami kesulitan menentukan objek penulisan dan Siswa menganggap menulis tidak menyenangkan, melelahkan, sulit, membutuhkan banyak pemikiran, dan membosankan. Tujuan dalam penelitian ini Untuk Mengetahui dan mendeskripsikan 1) Kemampuan menulis teks narasi melalui media visual 2) Kendala yang dihadapi siswa dalam menulis teks narasi melalui media visual, 3) Solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam menulis teks narasi melalui media visual. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gunung Sugih Lampung Tengah. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Sugih Lampung Tengah yang berjumlah 19 siswa.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diperoleh Kemampuan menulis teks narasi di pengaruhi oleh faktor Pemahaman awal tentang teks narasi itu telah ada dalam pikiran siswa-siswa itu sendiri. Pada aspek kesesuaian isi dengan gambar yang ditulis oleh sebagian siswa sudah tepat, hanya beberapa yang tidak sesuai. Pada aspek ketepatan logika urutan cerita yang ditulis oleh siswa kurang. Pada aspek ketepatan pilihan kata, rata-rata siswa mendapatkan kriteria kurang dan pada aspek ketepatan kalimat juga masih kurang baik. Hasil analisis pada aspek ketepatan ejaan juga masih kurang baik. Ejaan yang di maksud adalah, ketepatan penggunaan tanda baca, huruf kapital, ejaan kata, penggunaan singkatan dan kerapihan tulisan.
References
Agustin, Tuti dkk. (2020). Kita Menulis Merdeka Menulis. Yayasan Kita Menulis.
Anggraini, Riya Tri. (2017). Menulis dan mencatat denganmenggunakan metode peta pikiran (Mind mapping). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Palembang. p-ISSN: 2549-530
Arief S. Sadiman. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.
Arsyad Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Asriyati. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Visual Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V Mi Ma’arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. (Skripsi). Diakses dari repository.iainpurwokerto.ac.id
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta. Rajawali Pers.
Jauhari, Heri.( 2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.
Kosasih, E. (2016). Jenis-jenis Teks Edisi II. Bandung: Yrama Widya.
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada. University Press.
Sardiman. (2013). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Pt Raja. Grafindo Persada.
Tarigan, H.G. (2013). Menulis. Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tuminto, Didik. (2017). Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rajawali Pres.
Uno. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta :Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada. University Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.