KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PERISTIWA YANG PERNAH DIALAMI PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Kemampuan Menulis Cerpen, Peristiwa Yang Pernah DialamiAbstract
Permasalahan dalam skripsi ini berkenaan dengan menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami dan mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan unsur intrinsik dalam menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialam siswa kelas Xl SMK PGRI 2 Bandar Lampung 2021/2022. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xl MM SMK PGRI 2 Bandar Lampung 2021/2022 yang berjumlah 13 orang dalam kelas Xl MM. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penugasan menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami, analisis menggunakan kualitatif. Berdasarkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami masuk ke dalam kategori cukup mampu, maka kemampuan siswa menunjukkan dalam kategori baik dari sekian banyak siswa di dalam kelas yang diberikan tugas menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami. hal ini disebabkan beberapa siswa yang mampu menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami. Sudah mampu dalam kemampuan menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami dan mengembangkan unsur intrinsik dalam menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami, hanya beberapa siswa yang dinilai belum mampu dalam mengembangkan unsur intensik dalam menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami.
References
Aprilianti,N. (2017). "Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Yadika Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2017/2018". Skripsi. Bandar Lampung: STKIP PGRI Bandar Lampung.
Supriatna. (2015). "Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share". Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Kosasih, E. (2004). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.
Kusinwati. (2019). Mengenal Karya Sastra Lama Indonesia. Jawa Tengah: Alprin
Surastina.(2020). Pengantar Teori Sastra. Bandar Lampung: Elmatera.
Simarmata, Janner. (2019). Kita Menulis. Aceh.
Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wicaksono, Andri. (2014a). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Bandar Lampung: Garudhawaca.
Wicaksono, Andri. (2017b). Pengkajian Prosa Fiksi. Bandar Lampung: Garudhawaca.