UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING PADA SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA TELUK BETUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Kemampuan Membaca Pemahaman, Teknik Skimming dan ScanningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan teknik skimming dan scanning serta meningkatkan aktivitas pada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Teluk Betung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Taman Siswa Teluk Betung yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Adapun sumber data yang digunakan adakah data-data yang didapatkan dari lembar pengamatan serta lembar tes hasil penilaian siswa dan dokumentasi yang diambil dari peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori cukup aktif menjadi aktif pada siklus II, sedangkan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari nilai ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Masing-masing mempunyai nilai sebesar 66,66% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 18 siswa dari 27 siswa yang mengikuti tes kemampuan membaca pemahaman pada siklus I, dan 85,18% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 23 siswa dari 27 siswa yang mengikuti tes pada siklus II. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa teknik skimming dan scanning dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Teluk Betung Tahun Pelajaran 2021/2022.
References
Amna Putri, dkk. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kembaca Pemahaman Pada Siswa Tunarunggu Dengan Menggunakan Teknik Skimming. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 2 (3), 854-862. [Online].Tersedia:http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu, [13 Desember 2021]
Anggraini, Tri Riya dan Angraini, Nani. (2019). Keefektifan Penggunaan Teknik Deret Kata dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi. LENTERA: Jurna lIlmiah Kependidikan, 13 (1), pp. 53-62.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali pers.
Dibia, I ketut (2018). Aprsiasi Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Inawati dan Muhamad D.S. (2018). Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri Oku. Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 173-182. [Online] Tersedia: https://jurnal.umpalembang.ac.id/bisastra/article/view/927/826 , [17 Desember 2021].
Lestari, E.D. (2011). Penerapan Teknik Skimming Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Bulusari Kecamatan Slosohimo Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Munaroh, B., Suhel, M., & Suwarti, S. (2018). Teknik Membaca Sekilas(Skimming) dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Narasi. Jurnal wahana sekolah dasar 26 (1), 0854-8293. DOI:
https://dx.doi.org/10.17977/um035v26i12018p007, [28 Desember 2021].
Pamuji, D.S. (2017). Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode Skimming Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Merlung Tahun Ajaran 2016/2017. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 6 (2), 2089-3973. DOI: https://doi.org/10.22437//pena.v7i1.4369 , [28 Desember 2021].
Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Somadayo, S. (2011). Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha ilmu.
Sultan, M.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik Skimming. Proceedings Of National Seminar Research and Community Service Institute. Universitas Negeri Makassar. [Online]. Tersedia: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11243 [18 Desember 2021].
Tarigan. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa)