PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Investigasi Kelompok, Menulis, Teks EksposisiAbstract
Latar belakang masalah dalam penelitian adalah hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya materi teks eksposisi belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan dalam penelitian ini Untuk Mengetahui dan mendeskripsikan untuk mengetahui 1) Perbedaan rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan model pembelajaran Grup Investigasi terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022 dan 2) pengaruh model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan analisis kuantitatif. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Sampel penelitian yaitu sebagian dari populasi siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022, peneliti menentukan sampel sebanyak 2 kelas. Adapun kelas terpilih yaitu kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C Sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja siswa diberi tugas untuk membuat teks eksposisi. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Grup Investigasi adalah 64,26 sedangkan pada siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Grup Investigasi didapat rata-rata hasil skor yaitu 7,81. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022.
References
Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah. Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Abdul Chaer dan Leonie Agustina. (2004_. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwasilah, Chaedar. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka. Cipta.
Budimansyah. 2007. “Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa”. Tesis. Malang: Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana Universitas Negeri Malang (tidak diterbitkan)
Dalman. (2014). Kemampuan Menulis. Jakarta: Raja GrAfindo persada.
Deyen. (2014). “Pembelajaran Menulis Paragraf Eksposisi dengan Menggunakan Metode Collaborative Learning Pada Siswa Kelas X SMA PGRI Kurnia Garut Tahun Pelajaran 2013/2014”. (skripsi). Bandung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan.
Finoza, Lamuddin. (2008). Komposisi Bahasa IndonesiaEdisi Ketiga. Jakarta:Diksi.
Hastuti, dkk. (2003). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Analisis Proses melalui Teknik Menulis Objek Langsung pada Siswa Kelas X SMA N 1 Sukoharjo. Skripsi SI: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Huda, Miftahul.( 2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendika.
Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Kholid, Ahmad. (2014). Model Pembelajaran dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.
Kosasih, E. (2012). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Kuncoro, Mudrajad. (2009). Mahir Menulis. Jakarta: Erlangga.
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis. Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Semi, M.A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Subana, Rahadi Moersetyo, dan Sudrajat. (2002). Statistika Pendidikan. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Supandi. (2005). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode GI untuk Meningkatkan Efektifitas dan Kemampuan menulis teks eksposisi Kelas X SMA 2 Trawas Mojokerto. Skripsi Universitas Negeri Malang.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.