ANALISIS KARAKTERISTIK DAN AMANAT PADA TOKOH DI DALAM SERIAL ANIMASI “BoBoiBoy”
Keywords:
Karakteristik, Amanat, TokohAbstract
Abstract
Sastra merupakan suatu karya seni yang mencakup karya tulis dan memiliki nilai estetika yang berasal dari ungkapan dan hasil kreatifitas seseorang, dapat berdiri sendiri, tidak terikat dengan pengarang, bersifat imajinatif, dan menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Didalam sebuah sastra terdapat unsur intrinsik yang terdiri dari beberapa macam, seperti tema, amanat, tokoh dan penokohan, alur dan pengaluran, serta latar dan pelataran. Tokoh merupakan pelaku atau aktor didalam sebuah cerita. Penokohan merupakan karakter atau sifat yang ada pada setiap tokoh dalam cerita. Karakter merupakan pola pikir, tingkah laku, sifat, ataupun sikap seseorang yang menjadi ciri khas setiap individu dan dapat dijadikan sebagai lambang jati diri. Amanat merupakan pesan moral atau nasihat yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain dengan secara langsung ataupun dengan menggunakan suatu karya. Film (film animasi) merupakan sarana komunikasi media massa berupa kumpulan gambar-gambar dengan ilusi gerak yang terlihat seperti hidup dan mengandung nilai estetika yang berbentuk audio-visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan berbagai macam karakteristik pada tokoh di dalam vidio serial animasi BoBoiBoy dan dapat mendeskripsikan amanat terhadap tokoh di dalam serial animasi BoBoiBoy. Alasan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai berbagai macam karakteristik tokoh di dalam vidio serial animasi BoBoiBoy dan dapat memberikan amanat terhadap tokoh di dalam serial animasi BoBoiBoy. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis konten dan metode penelitian deskriptif kualitatif. Temuan pada penelitian ini yaitu terdapat berbagai macam karakteristik tokoh di dalam vidio serial animasi BoBoiBoy dan terdapat amanat pada tokoh di dalam serial animani BoBoiBoy.
References
Asri, Rahman. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal: Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 1 (2), 74-86. DOI: file:///C:/Users/User/Downloads/462-1327-1-PB%20(1).pdf
Dewojati, Cahyaningrum. (2010). Drama Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hasanah & Nulhakim. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal: Penelitian dan Pembelajaran IPA 1 (1), 91-106. DOI: file:///C:/Users/User/Downloads/283-493-1-SM.pdf
Kusinwati. (2009). Mengenal Karya Sastra Lama Indonesia. Jawa Tengah: Alprin.
Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Mulyadi, Y. (2017). Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Mudjiono, Yoyon. (2011). Kajian Semiotika Dalam Film. Jurnal: Ilmu Komunikasi 1 (1), 126-138. DOI: http://books.uinsby.ac.id/id/eprint/216/3/Yoyon%20Mudjiono_Kajian%20Semiotika%20dalam%20Film.pdf
Muslich, Mansur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nadya & Sari. (2019). Analisis Visual Penerapan 12 Prinsip Animasi Dalam Film Grey & Jingga: The Twilight Animated Series Episode 1. Jurnal: Titik Imaji 2 (2), 80-86. DOI: https://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/article/viewFile/1955/1592
Nurgiyantoro, Burhan. (2007a). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.