KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR DI ALAM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 38 BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Belajar di alam, menulis puisiAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini berkenaan dengan kemampuan menulis puisi pada puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi berdasarkan aspek penilaian dengan menggunakan metode belajar di alam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 38 Bandar Lampung. Teknik penggumpulan data menggunakan teknik penugasan. Analisis menggunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode belajar di alam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Bandar Lampung semua siswa mampu menulis puisi. Dari aspek penilaian dalam menentukan judul berdasarkan tema beberapa siswa masih kuarang, penggunaan gaya bahasa lebih banyak menggunakan gaya bahasa perbandingan, dan semua siswa menggunakan diksi yang tepat sesuai tema puisi. Secara keseluruhan siswa mampu menulis puisi dengan menngunakan metode belajar di alam.
References
Adampe, R.Y. (2015). Tinjauan sosiologis terhadap novel detik terakhir karya-karya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi 3 (4), 1-19. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/8872
Anggraini, Tri Riya. (2018). Menulis Puisi dengan Pendekatan Stilistika. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Dalman. (2012). Keterampilan menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hawa, Masnuatul. (2020). Efektivitas Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Prosiding Nasional Pendidikan 1 (357), 355-360. https://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/article/ download/426/305
Idris, Yossy. (2019). Keterampilan Menulis dalam Ranah Pembelajaran Bahasa. 1 (6), 6-19. https://osf.io/5g8zy/download/?format=pdf
Irawanti, Alda Aprilia dan Agustiana T. (2020). Analisis Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indosenia 4 (98), 98-102. https://jurnal.uisu.ac.id/index. php/Bahastra/article/download/3148/2093
Istikomah, Nuriana, Doyin M. dan Sumartini. (2014). Sikap Hidup Orang Jawa Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Jurnal Sastra Indonesi 3 (1), 1-9. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/ view/3964
Kasmi, H. (2020). Kajian Majas Artikel Jurnalisme Warga Serambi Indonesia. Jurnal Metamorfose 8 (3), 1-11. https://core.ac.uk/download/pdf/291695527.pdf
Kosasih, E. (2006). Kopetensi Ketata Bahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.
Laeli, Nur Anisa, Warigan, dan Suseno. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipa Tori dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (3), 1-8. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/2357
Mahmud, H. (2017). Uapaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rangkak Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 1 (35), 32-46. https://ejournal. mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/178
Misra. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Mouton. Jurnal Kreatif Tadulako Online 2 (62), 60-73. https://www.neliti.com/id/ publications/111917/peningkatan-kemampuan-menulis-pengumuman-melalui-metode-latihan-siswa-kelas-iv-s
Retria, Dhina Herlina (2014). Efektivitas Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (3), 1.7. https://ejournal.upi.edu/index.php/ PSPBSI/article/view/426
Rohana dan Anggraini N. (2021). Menulis Faktual. Cirebon: Confident.
Sagala, Syaiful. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Saragih, Mery Isabella, Hutapea B. dan Samosir A. Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Berbasis Metode Outdoor Studi. Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (3), 1-15. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i2.31143e. ISSN2579-5276
Sari, Rizqi Ratna Artika. (2017). Kajian Struktur Puisi Karya Siswa Kelas V SDN Mrican 4 Kota Kendiri Tahun 1016/2017. Jurnal Universitas Nuantara PGRI Kendiri 1 (5), 1-10. https://docplayer.info/87598170-Jurnal-kajian-struktur-puisi-karya-siswa-kelas-v-sdn-mrican-4-kota-kediri-tahun-pelajaran-2016-2017.html
Septiyani, Eka dan Sari N.I. (2021) Analisis Unsur Instrinsik dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Jurnal Pujangga 1 (100), 96-114. https://pdfslide.net/documents/analisis-unsur-intrinsik-dalam-kumpulan-puisi-.html
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.
Surastina. (2021). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.
Tarigan, Heny Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim, Sastra Cemerlang. (2018). Sastra Indonesia Lengkap. Pemulang: Cemerlang.
Wicaksono, Andri. (2020). Apresiasi Puisi. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.
Widihastuti, Ari R. (2021). Revitalisasi dan Perubahan Fungsi Sastra Lisan dalam Komunitas Srandul Suketeki. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humanior 1 (37), 33-44. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/ article/view/440