KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI PADA SISWA KELAS XI IIS 4 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Kemampuan Menulis Cerpen, Pengalaman PribadiAbstract
Permasalahan dalam skripsi ini berkenan dengan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasakan pengalaman pribadi dan mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan usur instrinsik dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung 2022/2023 yang berjumlah 25 orang dalam kelas XI IIS 4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penugasan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi, analisis menggunakan kualitatif. Berdasarkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi masuk ke dalam kategori cukup mampu, maka kemampuan siswa menunjukkan dalam kategori baik dari sekian banyak siswa di dalam kelas yang diberikan tugas menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. hal ini disebabkan beberapa siswa yang mampu menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Sudah mampu dalam kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dan mengembangkan unsur intrinsik dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi, hanya beberapa siswa yang dinilai belum mampu dalam mengembangkan unsur intensik dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi.
References
Ahmad, K, Ginting. S.U.Br., & Sidiqin, Penguasaan Unsur Intrinsik Cerpen dengan Kemampuan Menulis M.A. (2020). "Hubungan Cerpen Siswa Kelas XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020". Jumal Serunai Bahasa Indonesia. 17, (1), 7-19. DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.257.
Dalman. (2011). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. (2015). Penulisan Populer. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Dalman. (2015). Penulisan Populer. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Djamarah, S, B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ginting, S, U, B (2019). Peningkatan Menulis Cerpen Melalui Media “Elegi Esok Pagi” Karya Ebid G.ade Siswa Kelas XI SMA Swasta Nasional Namotrasi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai bahasa Indonesia. 16, (2), 2621-5616.
Hastuti. (2020). "Kemampuan Menulis Cerpen dengan Merperhatikan Unsur Intrinsik pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK PGRI 2 Bandar Lampung". LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 13, (1), 43-52
Irawati, R, P, & Nuryatin, A. Pembelajaran menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Moleong, L, J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mue, K., & Boimau, T. (2019). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI IPA III SMA Negeri 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1, (2), 1-15.
Muklim, M. (2019). Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Media Film Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. 5, (2), 431-439.
Mulyati, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Media Gambar Berseri pada Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 13 Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Bina Ilmiah 1, (2), 169-177.
Pradita, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Penggunaan Media Gambar pada Siswa Kelas IX SMP Swasta Budi Otomo Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran. 1, (3), 245-259.
Rohila, Hardiyana, R. (2018). Pengaruh Kosakata dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan menulis. Jurnal Membaca. 3, (1), 51-64.
Rohman, S. (2020). Pembelajaran Cerpen. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudirman. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilsn Menulis Cerpen Melali Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Parepare. Jurnal Umpar. 8 (1). 4.
Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.
Suryadi, R., dan Nuryatin, A. (2017). Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6 (3) 314-322.
Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendidikan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H, G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.
Thahar, Haris Effendi. (2017). Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa.
Wahab, Justam. (2021). Peningkatan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok Siswa Kelas VIII MTS AL-KHAIRAT Guruaping Oba Utara. Edukasi. 19 (2) 186.
Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya.Bandar lampung:K –Media. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.