PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS XI MIA 4 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Hermalia STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Riska Alfiawati STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan Menulis Teks Prosedur, Media Video

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur melalui media video serta meningkatkan aktivitas pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti dan guru mata pelajaran (kolaborator) saling bekerja sama dan berkolaborasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi/evaluasi, dan Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi (lembar pengamatan) dan tes (dalam bentuk penugasan menulis teks prosedur). Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori cukup aktif menjadi aktif pada siklus II, sedangkan untuk kemampuan menulis teks prosedur siswa terlihat dari nilai yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada saat siklus I kemampuan menulis siswa memperoleh rata-rata 62,88 dengan jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dari 22 siswa dan termasuk dalam kategori kurang. Selanjutnya, pada siklus II kemampuan menulis siswa meningkatkan memperoleh rata-rata 89,4 dengan jumlah siswa 22 siswa dari 22 siswa dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa media video dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Alawiyah, Susi. (2021). Model Pembelajaran Thing Talk Write dan Menulis Karangan Narasi Pada Era Disrupsi. Jurnal Inovasi Penelitian. 8, (1). 1691.

Ansoriyah, Siti dan Purwahidah, Rahmah. (2018). Menulis Populer. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Suparti (2017). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asdar, dkk. (2019). E-Learning Quipper dalam Pembelajar Berbasis Teks. Jawa Timur: Uwaiss Inspirasi Indonesia.

Astuti, Wiji. (2021). The Learning Cell dalam Pembelajaran Menulis Pantun. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Baehaqie, Imam. Suprapti. dan Rohim, Miftahur. (2013). Analisis Kontratif Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab berdasarkan Kala, Jumlah dan Persona. Jurnal Sastra Indonesia. 2, (1). hal 2.

Budianti, Nia, dkk. (2019). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Jambi. FKIP Universitas Jambi.

Burhan. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama dengan Menggunakan Media video pada Siswa Kelas XI A SMA Muhammadiyah 1 Semarang. (Online). http://lib.unnes.ac.id. (diakses Tanggal 29 Mei 2022 Pukul 20.38).

Dakhliah, Sitti. (2019). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM. 3, (1), 770.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Darajatun, Sakiah. Munir. Said Siti Dahlia. 2021. Meningkatkan Keterampilan Menulis Procedure Text menggunakan Media Video di MA Ma’arif Sarampu Kab. Polewali Mandar Sulawesi Barat. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 3, (3), 123.

Daryanto. (2013). Media Pembelajarannya Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hatmo, Kenang Tri. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jawa Tengah: Lakaisha.

Hutahaean, Sorta. dan Fauzi, Mohd. (2014). Bahasa dan Realitas: Suatu Pendekatan Psikologisme. Jurnal Ilmu Budaya. 2, (10). 105.

Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa. (2013). Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khalik, Idham (2021). Kemampuan Meningkatkan Menulis Cerita Pendek sebagai

Trapi Ekspresif terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi. 2, (6). 5.

Kosasih dan Endang Kurniawan. (2018). Jenis-Jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih. (2014). Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Kurniawati, Cicik. (2019). Seri Pengayaan Bahasa Inggris Berbagai Jenis Teks. Bandung: PAKAR RAYA.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyadi, Yadi, dkk. (2017). Intisari Tata Bahasa Indonesia untuk SMP dan SMA. Bandung: Yrama Widya.

Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Nurmanik, Titik. Susana, Inge. Romdani. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa menggunakan Video Pembelajaran Next Vista. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. PING-022.

Pribadi, Benny A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Rahman, Taufiqur. (2018). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara.

Rita. Sitepu, Tepu. ( 2017). Bahasa Indonesia sebagai Media Primerkomunikasi

Pembelajaran. Jurnal Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1, (2). 67.

Setiarini, Indah Wukir dan Artini, Santi. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Yudistira.

Setiyaningsih, Ika. (2019). Mengenal Jenis-Jenis Teks. Yogyakarta: PT. Penerbit Intan Pariwara.

Simarmata, Janner. (2019). Kita Menulis. Yayasan Kita Menulis.

Surastina, dkk. (2020). Pengantar Bahasa Indonesia. Yogyakarta. CV. Elmatera Publishing.

Susparni. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama Melalui Teknik Pemberian Tugas dengan Media Teks Lagu Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Bumijawa Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. (Online). http://lib.enpritiswalisongo.ac.id. (diakses Tanggal 30 Mei 2022 Pukul 14.03).

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra. Garudhawasa.

Yanti, dkk. (2016). Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta: PT Grafindo.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Hermalia, Sudarmaji, & Alfiawati, R. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS XI MIA 4 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 197–206. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/667