ANALISIS STRUKTUR TEKS FABEL DARI BUKU CERITA “AYO JADI ANAK BAIK” KARYA CUCU NURHASANAH

Authors

  • Devia Indah Pratiwi STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Riska Alfiawati STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

sastra, fabel, analisis struktur

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui mengetahui dan mendeskripsikan struktur cerita fabel “Izin Dulu Ya” dengan cerita ‘Indahnya Persahabatan” yang terdapat dalam buku cerita “Ayo Jadi Anak Baik” karya Cucu Nurhasanah. Struktur teks fabel terdiri atas orientasi (langkah identifikasi tokoh dan latar), komplikasi (timbulnya permasalahan), resolusi (penyelesaian), dan koda (pengubahan tokoh atau amanat). Analisis stuktur teks fabel berguna untuk memperdalam pemahaman tentang karya sastra dan menemukan makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam karya tersebut, membantu pembaca untuk memahami elemen-elemen struktur yang ada dalam teks fabel, sehingga pembaca dapat memahami karya sastra dengan lebih baik dan juga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah kajian struktur teks cerita fabel yang terdapat dalam cerita “Izin Dulu Ya” dengan cerita ‘Indahnya Persahabatan” yang terdapat dalam buku cerita “Ayo Jadi Anak Baik” karya Cucu Nurhasanah dan melihat perbandingannya. Cerita “Izin Dulu Ya” dan “Indahnya persahabatan karya Cucu Nurhasanah memiliki struktur yang lengkap dan sama, yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Namun, isi dari setiap bagian cerita berbeda antara kedua teks. Meskipun kedua teks memiliki struktur cerita yang sama, isi dari setiap bagian cerita membuat cerita tersebut unik dan berbeda dari satu sama lain.

References

Agung, D. E. (2017). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Grasindo (Gramedia Widia Sarana Indonesia)

Al-Ma’ruf dan Farida Nugrahani. (2017). Pengkajian Sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Asri, Yasnur. (2021). Model Pengkajian Fiksi. Bandung: Penerbit Subha Mandiri Jaya.

Ernawati, Mayong. (2020). Analisis Struktur Teks Fabel Siswa Kelas Vii Smp Negeri 18 Makassar. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2) Juni 2020. Diakses pada tanggal 21 Mei 2023.

Gonel. (2023, 10 Maret). “Sebutkan Contoh Buku Fiksi”. Tersedia. [Online]. Diakses dari: https://www.gonel.id/sebutkan-contoh-buku-fiksi-2/. Diunduh pada 11 Juni 2023.

Gustiraja. (2022, 24 Februari). “Jelaskan Keunggulan Buku Fiksi” [Forum Daring]. Diakses dari https://roboguru.ruangguru.com/forum. Diunduh pada 11 Juni 2023.

Harmawati. (2018). Kemampuan Menganalisis Struktur Fabel Siswa Kelas VIII Smp Negeri 5 Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo Volume 2 Nomor 2. Diakses pada tanggal 7 April 2023.

Hasan, Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Abdul Syukur. (2009). Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isnatun dan Farida. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Kartikasari, Apri dan Edy Suprapto. (2018). Kajian Kesusastraan. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Mestika, Zed. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Pustaka Obor

Minderop, Albertine. (2013). Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyanto, Burhan. (2010). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhasanah, Cucu. (2019). Ayo Jadi Anak Baik. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Nurmina. (2016). Menulis Fiksi dengan Model Pembelajaran Efektif untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. IV No. 1, Edisi Januari 2016. Diakses pada tanggal 7 April 2023.

Pulungan, Rosmilan. (2017). Analisis Struktur dan Tekstur Cerpen Bensin di Kepala Bapak Karya Muhamad Subhan Majalah Horison Edisi Februari 2014. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 2 No. 2, Edisi Oktober 2017. Diakses pada tanggal 2 April 2023.

Rokhmansyah. Alfian. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santoso, Apriyanto Dwi. (2019). Apresiasi Prosa Fiksi Lama. Yogyakarta: PT Penerbit Intan Pariwara.

Sudarmadji, dkk. (2010). Teknik Bercerita. Yogyakarta: PT Kurnia Kalam Semesta.

Sugihastuti. (2013). Tentang Cerita Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulax. (2022, 9 Desember). “Kelebihan dan kekurangan Buku Fiksi”. Tersedia. [Online]. Diakses dari: https://www.terdekatku.com/kelebihan-dan-kekurangan-buku-fiksi/. Diunduh pada 6 Juni 2023.

Sulistyorini, Dwi. (2014). Kriteria Pemilihan Materi Ajar Teks Moral/FabePelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional TEQIP (Teachers Quality Improvement Program) dengan tema “Membangun Karakter Bangsa melalui Pembelajaran Bermakna TEQIP pada 1 Desember 2014 di Universitas Negeri Malang. Diakses pada tanggal 2 April 2023.

Sufyan, Shopan. (2019). Analisis Kemampuan Meringkas Teks Cerita Moral/Fabel pada Siswa Kelas VIII SMPN 21 Mataram. Skripsi. Mataram: Universitas Muhammadiyah.

Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Almatera

Wicaksono, Andri. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Yanti, Esti. (2020). Analisis Hasil Menulis Cerita Fabel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Pesantren Guppy Samata. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah.

Zabadi, dkk. (2014). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.

Zulela. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Indah Pratiwi, D., Angraini, T. R. ., & Alfiawati, R. (2023). ANALISIS STRUKTUR TEKS FABEL DARI BUKU CERITA “AYO JADI ANAK BAIK” KARYA CUCU NURHASANAH. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 221–234. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/669