KEMAMPUAN MENENTUKAN KALIMAT FAKTA DAN OPINI DALAM SURAT KABAR HARIAN RADAR LAMPUNG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 42 BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Kalimat Fakta, Opini, Surat Kabar Harian Radar LampungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menentukan kalimat fakta dan opini pada siswa kelas IX SMP Negeri 42 Bandar Lampung. Kemampuan menentukan fakta dan opini siswa dianalisis mencakup kebenaran bersifat objektif, kenyataan yang sebenarnya terjadi, data yang akurat sebagai pendukung, kebenaran bersifat subjektif, menunjukan peristiwa yang belum terjadi, dan tidak adanya data pendukung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX yang ada di SMP Negeri 42 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik penugasan. Sumber data penelitian ini adalah teks hasil kajian fakta dan opini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa kemampuan menentukan fakta dan opini pada surat kabar harian Radar Lampung siswa masih ditemukan kesalahan berdasarkan beberapa kategori yang menjadi aspek penilian dalam penelitian ini. Dari beberapa aspek yang dinilai siswa memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing. Terdapat siswa yang masih kurang mampu dalam menentukan kalimat fakta tetapi sudah mampu dalam menentukan kalimat opini dengan tepat, terdapat siswa yang kurang mampu dalam menentukan kalimat opini tetapi sudah mampu menentukan kalimat fakta dengan tepat. Tetapi dalam kriteria fakta dan opini hampir seluruh siswa dikatakan baik karena mampu menentukan fakta dan opini pada tajuk rencana.
References
Susanthi, D, A, G, I. (2021). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris Dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal. 1(2). 64. DOI: View of Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya (warmadewa.ac.id)
Fauzi, M., & Hutahean. S. (2014). Bahasa Dan Realitas: Suatu Pendekatan Psikologismi. Jurnal Budaya. 10(2), 105. DOI: https://media.neliti.com/media/publications/100118-ID-bahasa-dan-realitas-suatu-pendekatan-psi.pdf
Effendi, E, dkk. (2022a). Analisis Cara Menentukan Fakta dan Opini Dalam Penulisan Teks Editorial. Jurnal edukasi nonformal. 3(2), 277-279. DOI: https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4912/2094
Sibua, Iskandar, dkk. (2016). Kemampuan Mengidentifikasi Fakta Dan Opini Dalam Teks Surat Kabar Melalui Kegiatan Membaca Intensif Siswa Kelas VIII SMP Negri 4 Kota Ternate. Jurnal Pendidikan. 14(1). 356. Doi: KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS SURAT KABAR MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE | Sibua | EDUKASI (unkhair.ac.id)
Chaer, A. (2009d). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (1997a). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta.
Effendi, E, dkk. (2022a). Analisis Cara Menentukan Fakta dan Opini Dalam Penulisan Teks Editorial. Jurnal edukasi nonformal. 3(2), 277-279. DOI: https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4912/2094
Fauzi, M., & Hutahean. S. (2014). Bahasa Dan Realitas: Suatu Pendekatan Psikologismi. Jurnal Budaya. 10(2), 105. DOI: https://media.neliti.com/media/publications/100118-ID-bahasa-dan-realitas-suatu-pendekatan-psi.pdf
Hadiana, H, L, dkk. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Jurnal Pendidikan guru sekolah dasar. 4(2), 213. DOI: https://journal.stkipsubang.ac.id/index. php/didaktik/article/download/73/67
Nasem, dkk. (2022). Pemanfaatan Media Surat Kabar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswi Terhadap Pembelajaran Pkn. Jurnal Tahsinia. 3(1). 23. DOI: https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/308/81