KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA MELALUI TEKNIK TRANSFORMASI NOVEL LASKAR PELANGI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
menulis narasi, dramaAbstract
Materi pembelajaran drama dalam pelajaran bahasa Indonesia ini sebagai salah satu bagian dari aspek sastra. Tujuan akhir pembelajaran siswa diharuskan mampu menyusun teks drama dengan gaya mereka sendiri. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimanakah kemampuan dan kendala dalam menulis teks drama pada siswa kelas VIII semester ganjil SMP MUhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut. Kemampuan siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung dalam menulis teks drama dikategorikan cukup karena nilai rata-rata mencapai 66 berada dalam rentang 56-75. Dari hasil analisa diketahui bahwa kendala siswa dalam menulis yaitu bagaimana mengemukakan alur dalam tulisan, penokohan dan teks samping.
References
Anggraini, R.T. (2017). “Menulis dan mencatat dengan menggunakan metode peta pikiran (MIND MAPPING)”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Palembang. 54
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Grafindo.
Nurgiyantoro. (2014). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Surastina. (2019). Pengantar Teori Sasta. Yogyakarta: Elmatera.
________. (2018) Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta : Elmatera.
Tarigan, Henry Guntur. (2015). Menyimak. Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Teori dan Pengajaranya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.