PENGARUH PENGGUNAAN METODE NATURE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Ardi Aldila STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dian Permanasari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

metode nature learning, kemampuan menulis puisi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Nature Learning terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021, permasalahan dalam penelitian berhubungan dengan penggunaan metode pembelajaran dan rendahnya kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, serta analisis data menggunakan rumus statistik parametris (uji-t). Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XSMA Al Azhar 3 Bandar Lampung berjumlah 149 siswa yang terbagi dalam 5 kelas sedangkan sampel penelitian diambil 2 kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa, dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa, penulis melakukan tes yaitu menulis puisi bebas pada kelas kontrol dan puisi berdasarkan pemandangan alam sekitar pada kelas eksperimen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik t-hit menunjukan pada taraf signifikan 1 nilai t > t yaitu 6,47>2,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode nature learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA AL Azhar 3 Bandar Lampung.

References

Ahyani dan Rachmiati, W. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Meningkatkan Media Gambar. Ibtida’I Jurnal Penelitian Dan Kependidikan Dasar (Serang: Ibtida’I, 2015), 89.

Akhadiah, dkk. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Haryadi dan Zamzani. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud.

Hawa, M. (2020). Efektivitas Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Maulana Malik Ibrahim Bojonegoro Tahun Ajaran 2019/2020. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Bojonegoro.

Herwan. (2005). Apresiasi dan Kajian Puisi. Gerage Budaya.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nuraeni. (2017). Keefektifan Metode Nature Learning Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Galesong Utara. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Pradopo, R.D. (2000). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah mada University Press.

Pradopo, R.D. (2002). Pengkajian Puisi Analisis Sastra Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R.D. (2007). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sadikin, M. (2011). Kumpulan Sastra Indonesia. Jakarta: Gudang Ilmu.

Sagala, S.(2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sayuti, S.A. (2008). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Sulastriningsih dan Mahmudah. (2007). Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Surastina. (2015). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group.

Sutikno, S. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Mataram: Holistica Lombok.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Sesuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Toyidin. (2013). Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: Pustaka Bintang.

Triyanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wahyuni, R. (2014). Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.

Waluyo, H.J. (1995). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wicaksono, A. (2017).Pengkajian Prosa Fiksi.Yogyakarta: Garudhawaca.

Wiyatmi. (2008). Pengantar Kajian Satra. Yogyakarta: Pustaka.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Aldila, A., Surastina, S., & Permanasari, D. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN METODE NATURE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–17. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/92