PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Ahadan Iqbal STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

menulis berita, PTK, media foto

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu, Siswa belum mampu mencapai tujuan pembelajaran menulis berita. peserta didik yang menyatakan bahwa masih mengalami kesulitan untuk menyusun teks yang sesuai dengan isi, tema yang dipilih, menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan, menyusun paragraf yang runtut dan padu, memilih dan menggunakan kata yang tepat, menyusun kalimat efektif dan menggunakan ejaan yang tepat. Penelitian ini berupaya meningkatkan kemampuan menulis teks berita menggunakan media foto pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, lembar pengamatan, lembar tes siswa dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian, terdapat peningkatan terhadap kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media foto siswa kelas VIII SMP Negeri 32Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata- rata yang diperoleh yaitu 72,61%. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 86,66%. Dengan demikian dapat dilihat adanya perubahan nilai yang diperoleh siswa menjadi lebih baik dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media foto dapat membantu keberhasilan proses pembelajaran menjadi lebih baik. Demikian juga dengan hasil lembar observasi aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II ada perubahan yaitu dari kategori cukup menjadi baik.

References

Amalia Zuhruf. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Media Foto Peristiwa Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 5 Pekalongan. Semarang: PBSI, FBS, Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Djuraid, Husnun. 2009. Panduan Menulis Beita. Malang: UMM Press.

Huda Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran isi-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdayama Jumanta. 2014. Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ishara Luwi. 2005. Catatan-catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas

Kustandi. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

M. Romli, Asep Syamsul. 2000. Jurnalistik Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mohamad Yunus, Supamo. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo: Yogyakarta.

Nurgiyantoro Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Rachman, Maman.1993. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Semi, M. Atar. 1995. Teknik Penulisan Berita, Features, dan Artikel. Bandung: Angkasa.

Sudjana Nana & Rivai Ahmad. 1990. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Mas .

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Suhandang. 2010. Pengantar Jurnalistik. Bandung : Nuansa.

Susana Cucu. 2014. Konsep strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditamaa.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widyamartaya, A. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisius.

Yaumi Muhammad: Prinsip-prinsip desain pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013, Kencana, 2013, Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Iqbal, A. ., Anggraini, T. R. ., & Hastuti. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 465–474. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/958