PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN KRITIS DENGAN STRATEGI WRITER’S WORKSHOP PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 17 PESAWARAN
Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks Tanggapan Kritis, Writer’s WorkshopAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang berkenaan dengan Siswa Kelas IX di SMP Negeri 17 Pesawaran masih kurang memahami isi teks tanggapan kritis selama berlangsung pembelajaran dan hanya terpaku pada cara menentukan struktur teks tanggapan kritis tanpa mengerti isi yang seharusnya terkandung dalam teks. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan pada siswa. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan kritis dengan menggunakan strategi writer’s workshop pada siswa kelas IX SMP Negeri 17 Pesawaran tahun pelajaran 2023/2024, Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian Tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Teknik pokok, dokumentasi dan obsevasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap kemampuan menulis teks tanggapan kritis menggunakan strategi Writer’s Workshop kelas IX SMP Negeri 17 Pesawaran. Hal ini dapat dilihat dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata diperoleh 65 dengan kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus 1 nilai rata-rata diperoleh 51,29 dengan kategori cukup, mengalami peningkatan kembali pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 83,85 dengan kategori baik sekali.
References
Arikunto, Suharsimi. (2020). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Calkins, Lucy McCormick. 1998. The Art of Teaching Writing, Columbia University: Teachers College.
Dalman. (2020). Keterampilan menulis. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Helaluddin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik: Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan tinggi. Serang: Media Madani.
Pranoto. 2004. Mengajar Menulis Fiksi untuk Para Guru. Jakarta: Wisma Nugra Sabtana
Siddik, Mohammad. (2016). Dasar-dasar Menulis. Malang: Tunggal Mandiri.
Suparno dan Mohamad Yunus (2008:3.7). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Karya Wisata. Jurnal Solid ASM Mataram: Vol 8 No 2.
Supriyadi, dkk. (1992). Materi Pokok: Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.