PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Metode pembelajaran Discovery Learning, Hasil belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia menggunakan metode pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Pesawaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kalaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup penyajian data, dan penarikan kesimpulan indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai 80%. Setelah penelitian dilaksanakan dengan menerapkan metode pembelajaran discovery learning, hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar sejarah pada materi cerita fabel. Pada siklus I dimana persentase aktivitas guru sebesar 65,90% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 81,81% sedangkan pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 66,11% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 86,22%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pesawaran tahun pelajaran 2022/2023.
References
A. Hasan, Adtman. (2019). Model Pembelajaran CTL Berbasis IT untuk Menguasai Mufradat Bahasa Arab. Jurnal Bahasa IAIN Sultan Amai Gorontalo 5 (2), 2442-8973.
Arum Nastiti, Ratih. dkk. (2021). Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas IV SDN Mentoro. Jurnal Penelitian Pendidikan 13 (02), 1858.
Asyafah, Abas. (2019). Menimbang Model Pembelajaran. Indonesian Journal of Islamic Education 6 (1), 19.
Delpira Helmi, Tia. (2022). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Kumpulan Cerita Fabel Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII. Skripsi. Pekan Baru. Universitas Islam Riau.
Dwi Prasetyo, Apri. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5 (4), 2580-1147.
Guntur Tarigan, Henry. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Percetakan Angkasa.
Khairul Rahmat, Hayatul. Dkk. Model Pembelajaran Discovery Learning guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 6 (2), 2685-8312.
Mumtaz, Fairuzul. 2021. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta. PT. Pustaka Baru.
Rizki Hapsari, Novia. dkk. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Apresiasi Teks Fabel Bermuatan Nilai-Nilai Karakter bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5 (2), 2503-3476.
Saniyah, Nikmatus. (2020). Penggunaan Model Example NonExample (Contoh Non-Contoh) Dalam Pembelajaran Menulis Tekss Cerita Fabel di Kelas VII SMP Negeri 2 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Tangerang selatan. UIN Syarif Hidayatullah.
Surastina. 2020. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta. Penerbit Elmatera.
Wayan Eviyanti Siska Pratiwi, Ni. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa dan Sastra 3 (4), 2302-2043.
Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Penerbit Garudhawaca.
Yuliani, Santi. (2016). Jurnal Penungkatan Kemampuan Menulis Teks Fabel dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah 2 (1), 89.