UPAYA PENINGKATAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Media video, Hasil belajar bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia menggunakan media video pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Pesawaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kalaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran bahasa indonesia. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup penyajian data, dan penarikan kesimpulan indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai 80%. Setelah penelitian dilaksanakan dengan menggunkan media video. hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar bahasa indonesia pada materi teks ulasan. 1) Pada siklus I dimana persentase aktivitas guru sebesar 63,64% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 86,36% sedangkan pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 65,25% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 87,5% dan 2) perolehan ketuntasan belajar siswa pada siklus I yang mencapai mencapai 64% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia materi teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran tahun pelajaran 2022/2023.
References
Ahyani Radhiani Rapi. 2020. Penggunaan video Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas Viii Di Smp Muhammadiyah 1 Makassar. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Dalman.
Asyhar, R. 2014. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.Jakarta: Referensi Jakarta.
Djamarah, S.B. dan Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Elina, Zulkarnaen, dan Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Farah, D. R. 2015. Penerapan Media Audio dan Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Ketrampilan Menulis Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokerto Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (Iain) Purwokerto.
Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran, (Jakarta: KENCANA.
Miftakh, et al. (2015). Penggunaan Media Audio visual dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Solusi 2(5), 2355-1119. DOI: https://doi.org/10.26555/jis.v2i1.564. Diakses pada tanggal 25 Januari 2022, pukul 06.00 WIB.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Goup.
Sastri, et al. (2013). Pengembangan Media Audio visual Pembelajaran Menulis Berita Singkat. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaranya. Vol. 3, No. 2. Universitas Jambi. DOI:10.32502/jbs.pmb.3(2). Diakses pada tanggal 25 Januari 2022, pukul 08.00 WIB.
Tarigan. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.