PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA KELAS VIII SMP NEGERI 17 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Menulis, Teks Eksposisi, Tipe JigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, akivitas pembelajaran, dan peningkatan kemampuan menulis menulis teks eksposisi melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Fokus penelitian adalah aktivitas guru dan peserta didik serta hasil keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Teknik pengumpulan data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data keterampilan teks eksposisi dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan model kooperatif jigsaw. Hal tersebut dapat dilihat pada analisis hasil observasi peneliti pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori cukup dengan persentase 67,71%, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 84,75 dan (2) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Pesawaran.
References
Anita, Lie. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: PT.Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahman, Taufiqur. (2018). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tarigan, Henry Guntur. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.