TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA IKLAN DI TELEVISI
Keywords:
tindak tutur, ilokusi, iklanAbstract
Tindak tutur adalah suatu tindakan mengutarakan sesuatu yang disampaikan oleh penutur yang ditentutkan oleh kemampuan bahasa si penutur dalam menghadapi situasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan tindak tutur ilokusi dalam bahasa iklan di stasiun televisi nasional. Pendekatan penelitia ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meneliti ilokusi tindak tutur dalam bahasa iklan di stasiun Televisi Nasional yang dengan teknik menyimak dan catat. Penelitian tentang tindak tutur ilokusi dalam tuturan iklan makanan dan minumn di Televisi Nasional yang dianalisis tuturan yang mengandung tindak tutur ilokusi. Jenis tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam tuturan iklan makanan dan minuman di Televisi Nasional adalah tindak tutur asertif, direktif, komisif, dan ekspresif sedangkan deklaratif tidak ditemukan.
References
Chaer, A dan Agustina, L. (2010).Sosiolinguistik: Perkenalan Awal.Jakarta: Rineka Cipta
Fitriana, Wulan. (06211141015). A Pragmatics Analysis of The Police Character in Anthony E. Zuiker’s CSI Film Series Bodies in Motion. Skripsi. FBS-UNY
Leech, G (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas IndonesiaLevinson, Stephen C. 1980. Pragmatic. Cambridge, London: Cambridge University Press.
Purnama, Reka A. & Ariyati, Puput P. (2018).Pengaruh Kreatifitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Kota Sukabumi. Jurnal Ekonomedia 7 (1), 71-80.DOI http://www.jurnal.stiepasim.ac.id
Sikana, A. M. & Fadillah, R. L. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Fair and Lovely di Televisi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3(1), 93-104. DOI: https://journal.uhamka.ac.id
Sumasari, Yoani J. (061224006). Analisis Tindak Tutur Dalam Iklan Kosmetik Di Televisi. Skripsi.Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Surastina. (2011). Pengantar semantik dan pragmatik. Yogyakarta: Elmatera
Tarigan, Henry Guntur. (1986). Pengkajian Pragmatik. Bandung: Angkasa
Tarnoto, lutfi. (2010). Tindak tutur direktif pada iklan kosmetik televisi berbahasa jepang. Skripsi. FBS-UNNES
Widyatama, Rendra. 2005. Pengantar Periklanan. Jakarta Pusat: Buana Pustaka Indonesia.
Wijana, Dan Rohmadi, M. (2010).Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori Dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka
Wijana, I Dewa Putu. (1996). Dasar-dasar pragmatik. Yogyakart: andi offset
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Jawa di SMK. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.