UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Dwi Fakita Aprilianti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan menulis, puisi, metode Jigsaw

Abstract

Berdasarkan observasi awal, kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Negri 7 Bandar Lampung masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis siswa disebabkan karena faktor guru dan faktor siswa. Faktor guru muncul dari pemilihan metode yang digunakan oleh guru. Faktor siswa terlihat pada kurangnya motivasi pada diri siswa, kurangnya pembiasaan terhadap kegiatan menulis, serta kesulitan siswa untuk menuangkan ide dalam menulis puisi. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks puisi menggunakan metode tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan mengggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menulis teks puisi menggunakan metode tipe jigsaw pada siswa kelas X SMK Negri 7 Bandar Lampung mengalami peningkatan yaitu hasil observasi aktivitas siswa siklus I kategori cukup baik dengan skor 75 menjadi kategori sangat baik dengaan skor 100 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 18 orang meningkat menjadi 30 orang pada siklus 2. Ketuntasan belajar secara klasikal dengan nilai rata-rata 58,5 meningkat menhadi 91,5 pada siklus II, sehingga dapat dikatakan sudah memenuhi target ketuntasan.

References

Azzahra; Aziza. (2022). Analisis struktural puisi sendiri karya Abdul Hadi W.M. DEWANTARA: jurnal pendidikan sosial humaniora 1(4), ISSN: 2962-1127. DOI: https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.395

Jannah; Rafiqotul, Gunayasa; ida, Tahir; Muhammad. (2022). Analisis kesulitan menulis teks puisi peserta didik kelas IV SDN satu Dasan Baru tahun ajaran 2020/2021. PENDADOGIA: jurnal pendidikan dasar 2(2), ISSN: 2776-4095. DOI: https://jurnal.educ3.org/index.php/pedagogia

Hakim; Lukman, Uswatun; Din, Nurasidah; lis. (2020). Analisis unsur intrinsik puisi pada buku siswa bahasa Indonesia di kelas 4 sekolah dasar. DIKDAS MATAPPA jurnal ilmu pendidikan dasar 3(2), ISSN: 2620-6307. DOI: http://dx.doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.704

Isnaini; Heri, Rosmawati; Intan. (2021). Mahasiswa dan agen perubahan pada puisi Sajak pertemuan mahasiswa karya WS Rendra analisis struktur Levi-Strauss. jurnal LINGUA SUSASTRA 2(2), ISSN: 2746-704x. DOI: https://doi.org/10.24036/ls.v2i2.37

Putri; Faradiba, Wilyanti; Liza. (2022). Analisis struktur fisik dan batin puisi “mengheningkan cipta” karya Norman Adi Satria. Aksara: jurnal ilmiah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia 6(2), ISSN: 3597-6095. DOI: http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v6i2.386

Muamar. (2021). Analisis struktur batin puisi “Di Buton Utara Oh KeKasihku” karya Rizal Winata. JCE (jurnal Edukasi Cendikia) 5(2), ISSN: 2715-3371. DOI: https://www.jurnalumbuton.ac.id/index.php/JEC

Bunga;Rosa,Djumadin;Hawiah,Rini;Maria. (2021). Struktur puisi karya John dami mukese serta relevansinya dalam pembelajaran Sastra. Edunesia jurnal ilmiah pendidikan 2(1), ISSN: 2722-7790. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.62

Rafsanjani, Martono, Priyadi; Totok. (2016). Struktur batin dalam Antologi mata Badik mata Puisi karya A D. Zawawi Imron. Jurnal pendidikan dan pembelajaran 5(6), ISSN: 2715-2723. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15701

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Fakita Aprilianti, D. ., Anggraini, T. R. ., & Maryova R, F. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 635–642. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/977