PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PQ4R PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RETICE, REVIEW PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Risa Amelia STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan, membaca pemahaman, strategi PQ4R Hasil belajar Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia menggunakan strategi PQ4R preview, question, read, reflect, retice, review pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Pesawaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kalaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup penyajian data, dan penarikan kesimpulan indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila aktivitas dan hasil  belajar siswa mencapai 80%. Setelah penelitian dilaksanakan dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R preview, question, read, reflect, retice, review, hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia  pada materi membaca pemahaman.  Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 64,72% menjadi 79,72%pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan dapat strategi pq4r preview, question, read, reflect, retice, review meningkatkan mutu proses dan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pesawaran Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Ahmad, Zainul Fikri. (2013). Penerapan Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya. Volume 1 No.2

Arifa, Dewi. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen dengan Metode P2R (privew, read, review). Malang : Media Nusa Creativ

Arikunto, Surharsimi. (2014). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Asrori, Mohammad. (2013). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Volume 5 No. 2, Januari- Jni 2013.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta : PT. Rajagravindo Persada.

Dibia, Ketut I. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta : PT. Rajagravindo Persada

Hendriani, Ani dan Heryanto, Dwi. (2019). Penerapan Strategi PQ4R dalam meningkatkan keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 4 No. 1, April 2019

Huda, Amirul Fatkhan. (2017). Pengertian dan Langkah Strategi Pembelajaran PQ4R. Tersedia [Online]. Diakses dari https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-strategi-pembelajaran-pq4r/

Nasution, Nur Wahyudin. (2017) Strategi pembelajaran. Medan : Perdana Publishing.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Somadayo, Samsu. (2020). Startegi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sukatin dan Nurilailatun. (2022). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. IAI Nusantara Batang Hari. Journal Of Social Research. Volume I No. 8, Juli 2022. ISSN : 2827-9832

Tarigan. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Amelia, R., Sudarmaji, & Rohana. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PQ4R PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RETICE, REVIEW PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 649–656. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/980