PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Kemampuan, Menulis, Pendekatan PembelajaranAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang berkenaan dengan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 21 Bandar Lampung yang masih kurang memahami tentang penulisan surat selama pembelajaran berlangsung dan hanya terpaku pada cara menulis surat pribadi tanpa mengerti urutan unsur surat penulisan surat dan ketepatan isi surat. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan dalam menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung, Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 belum dapat menulis surat pribadi dengan baik, Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian Tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Teknik pokok, dokumentasi dan obsevasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap kemampuan menulis surat pribadi menggunakan pendekatan kontekstual kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada siklus 1 nilai rata-rata diperoleh 56,08 dengan kategori cukup, mengalami peningkatan kembali pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 86,40 dengan kategori baik sekali.
References
Agus Simanjuntak, Tetty. (2015). Hubungan Penguasaan Reduplikasi Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Parlilitan Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Medan: Universitas HKPB Nomensen.
Ali, Adelari, (2009). Panduan Lengkap Korespondensi Jakarta: Setia Kawan,
Chaer, Abdul. (2015). Psikolinguistik, Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Dalman. (2015). Penulisan Populer, Bandar Lampung: UM Lampung Press.
Dalman. (2020). Keterampilan Menulis. Depok: Raja Grafindo Persada.
Dibia. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Depok: Raja Grafindo Persada.
Elina, dkk. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Pekan Baru: Aswajaya.
Isrok’atun dan Rosmala. (2018). Model-model Pembelajaran. Bandung: Bumi Angkasa.
Semi, Atar. (2008). Terampil Menulis Surat. Bandung: Titiam Ilmu.
Sitepu Tepu dan Rita (2017). Bahasa Indonesia Sebagai Media Primer Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol 2 no 1.
Shoimin, Aris. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Suwarna, Dadan. (2012). Cerdas Berbahasa Indonesia. Tanggerang Jelajah Nusa. Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. (2018). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.