PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS XI SMA N 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Kemampuan Menulis, Teks Prosedur, Metode Pair ChecksAbstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Hal tersebut disebabkan kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis teks prosedur menggunakan metode pembelajaran yaitu pair checks pada kelas X1.4 SMA Negeri 11Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022-2023. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes (dalam bentuk penugasan menulis teks prosedur). Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 63,23 menjadi 87,05 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pair checks dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar menulis teks prosedur siswa kelas X1.4 SMA Negeri 11Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022-2023.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baehaqie, Iman. Suprapti. dan Rohim, Miftahur. (2013). Analisis Kontrastif bahasa indonesia dan bahasa arab berdasarkan kala, jumlah dan persona. Jurnal sastra indonesia. 2.(1) hal 2
Barnawi, M. Arifin. 2016. teknik penulisan karya ilmiah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Budianti, Nia. (2019). kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII D smp negeri 11 kota jambi. FKIP Universitas jambi.
Chaer, Abdul. (2015). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta
Dakhliah, sitti. (2019). Kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 10. Parapare. Jurnal Pendidikan BUM 3, (1), hal 769
Dalman. 2016. keterampilan Menulis .jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Elina, dkk. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Danasasmita, Wawan. 2008. Model-Model Pembelajaran Alternatif. Bandung: UPI
Djatmika dan Pambudi, Didik hari. (2018). Menulis Teks Prosedur Dalam Bahasa Inggris. Bandung: Pakar Raya.
Devianty, Rina. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah. 24, (2), hal 227
Huda, Miftahul. 2003. Model- model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hatmoh, Kenang Tri. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jawa tengah: lakaisha.
Khalik, Idham. (2021). Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek sebagai terapi ekspresif terhadap emosi pada peserta didik kelas XI MAN 3 kota jambi. Jurnal literasiologi. 6, (2). hal 4-5
Kosasih. (2019). 22 jenis, teks dan strategi pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama widya.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Misra. (2011). Peningkatan kemampuan menulis pengumuman melalui metode latihan siswa kelas IV sd inpres 2 gio kecamatan moutong.jurnal kreatif tadulako online
Munirah. (2015). Pengembangan keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.
Mahsun. (2014). Teks dalam pembelajaran bahasa indonesia. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rita. Sitepu, Tepu. (2017) Bahasa Indonesia sebagai media primerkomunikasi pembelajaran. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia.(2).1 hal 69
Setiarni, Indah Wukir dan Artini, Santi. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Yudistira.
Setiyaningsih, ika. (2019). mengenal jenis-jenis teks. Yogyakarta: PT penerbit intan pariwara.
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model pembelajaran inovatif Dalam kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.
Suyati. (2019). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Resiprokal Pada Mata Pelajaran B.Indonesia siswa kelas VII SMP NEGERI 1 Rambutan BanyuAsin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia.9, (1).60
Supriyadi, dkk. (1992). Materi Pokok: Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, H, G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.
Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Syukur. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Refika Aditama.