UPAYA MEMINIMALISIR KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VIII SMP DWIPA KARYA MANDIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Pira Pira STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dharlinda Suri Damiri STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Mareyke Jessy Tanod STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

addiction, gameonline, Counseling

Abstract

This study aims to minimize the level of addiction to online games in students with a group counseling approach through self-management techniques.  This study uses the research method of guidance and counseling actions . This ptbk research was carried out at SMP Dwipa Karya Mandiri, the subjects in this study were class VIII students totaling 5 people.  The time of this study was carried out in June 2022. The results of this study concluded that through group counseling services with self-management techniques, the level of addiction to online games in students decreased. This can be shown by the results of observation / observation data and interviews that have been carried out on students starting from cycle I to cycle II and there is a decrease.

References

Aji, K. (2009). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik di MAN 3 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh : tidak diterbitkan.

Andri, Arif Kustiawan, A. W. (2019). Jangan Suka Game Online. Jawa Timur:Media Gravika.

Burhan. (2009). jangan suka game online. Jawa timur: media gravika.

CNN Indonesia (2020). https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200331163816-185-4887889/pengguna-gim-online-meningkat-75-persen-kala-corona

Darma. (2011).“The multiple dimensionns of vidio game effects. Child development perspktives.” The bennefits of playing vidio games. American psychological Association.

Dewa, Ketut Sukardi. (2003). (dalam modul Noviana) Bimbingan Konseling Kelompok.

Dyah, Ayu Retnowulan. (2013). Penerapan Strategi Pengelolaan diri (Self Management) Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Korban Broken Home. Jurnal BK Unesa

Fauziah. (2013). “Peningkatan Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi True Ol False Berbantuan Media flash.”

Gantina Komala Sari. (2016). Meningkatkan Self Management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling. Jurnal Penelitian Tindakan BK.

Gie. (2017). Pengaruh Koonseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Pola hidup Bersih dan Sehat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. Jurnal BK Unesa.

Immanuel. (2009). jangan suka game online. Jawa timur: media gravika

Januar. (2006). Game mania. Jakarta : gema insan

Kim, Dkk. (2019). jangan suka game online. Jawa timur: media gravika.

Lemmens, Dkk. (2019). jangan suka game online. Jawa timur: media gravika.

Lilis Santika. (2019). Efektivitas Teknik Self Management Dalam Menangani Kecanduan Game Online Remaja Di Desa Patolongan KecaMATAN Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Sulawesi Selatan: Sarjana IAIN PALOPO.

Muya Barida, Hs. (2018). Urgensi Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa SMP. eJurnal stkipmpringsewu.

Ni Pipi Suwardani (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management Untk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunadaksa Cerebral Palcy Kelas IV SDLB-D YPAC Surabaya. Jurnal BK Unesa.

Prayitno. (1997). pelayanan bimbingan dan koneling sekolah menengah umum (SMU), Jakarta : PT Bina Sumber Daya MIPA.

Prayitno (2014). (dalam modul Noviana) Bimbingan Konseling Kelompok.

Ridwan, S. (2015). Ketergantungan Game Online dan Penanganannya. Jurnal Psikologi & Pendidikan.

Smart, Rm. (2020). Kecanduan Game Online dan Penanganannya Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Madya Subang. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh : tidak diterbitkan.

Tatik Romlah (2001). (dalam modul Noviana) Bimbingan Konseling Kelompok.

Yee. (2006). jangan suka game online. Jawa timur: media gravika.

Young. (2019). jangan suka game online. Jawa timur: media gravika

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Pira, P., Suri Damiri, D. ., & Jessy Tanod, M. . (2022). UPAYA MEMINIMALISIR KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VIII SMP DWIPA KARYA MANDIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 4(1), 1–11. Retrieved from https://stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/jmbk/article/view/274